Yudistira, Hanya Berbohong Satu Kali

Yudistira

Cerita wayang golek Yudistira anak cikalnya Pandawa telah didongengkan oleh kakak saya dengan baik sekali ketika saya masih kecil. Yudistira juga disebut Samiaji seorang satria sekaligus raja negara Amarta yang tidak pernah berkata bohong. Saya sangat mengidolakannya karena sifatnya yang jujur dan tidak pernah berbohong itu. Boleh bukan saya belajar kejujuran dari sumber lain?

Karena mempunyai sifat yang luhur tidak pernah berbohong dan menyayangi sesama, tidak pernah menyakiti orang lain, juga tidak pernah menyakiti terhadap binatang merayap sekalipun. Jika dia berjalan kaki selalu menunduk karena takut ada semut yang terpijak. Jika dia naik kereta keretanya tidak menyentuh bumi, begitulah kehendak Dewa, agar tidak ada binatang yang tergilas roda kereta kudanya.

Dia sekali lagi terkenal sifatnya yang tidak pernah berbohong, sampai suatu waktu dia batal atau tidak mempertahankan kejujurannya karena harus mengatakan bohong kepada resi Drona bahwa Aswatama yang anaknya pendeta Drona itu telah meninggal. Karena takutnya untuk berbohong setelah mengatakan Aswatama wafat kalimatnya dilanjutkan, dengan suara yang pelan,  “…tapi kudanya Aswatama”.  Memang menurut yang empunya cerita bukan Aswatama yang mati akan tetapi kudanya. Dan berita itu menyebabkan pendeta Drona menderita karena anaknya meninggal di medan perang Kurusetra, pendeta Drona hanya percaya kepada beritanya Yudistira yang tidak pernah berbohong.

Meski secara pelan ditambahkan dengan kata-kata “…tapi kudanya Aswatama”, tak urung Dewa memarahi Yudistira sehingga langsung kereta kudanya jatuh dan seperti kereta kebanyakan napak di tanah. Dan seperti manusia lain yang tidak segan untuk berbohong, Yudistira juga seperti manusia lain bisa menginjak semut yang tidak berdosa.

Sumber gambar

One thought on “Yudistira, Hanya Berbohong Satu Kali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s