Oncom Bandung di Pasar Kosambi

Anda pernah mencoba makanan Bandung yang memakai oncom sebagai contoh diantaranya nasi tutug oncom, comro alias oncom di jero (oncom di dalam), sambal oncom leunca (buah leunca), ulukutek leunca, pepes oncom, juga goreng oncom? Syukur kalau sudah, enak bukan?

Oncom bagi orang Bandung sama populernya dengan peuyeum (tape) Bandung. Kalau tempe yang biasa digoreng seperti di Pasar Baru Bandung itu sudah banyak dan dimana-mana ada, tempe berasal dari kacang kedelai sedangkan oncom bahannya adalah dari bungkil kacang tanah.

Oncom Bandung yang asli berwarna merah karena memang kapang yang tumbuh untuk menjadikannya oncom adalah kapang Bandung yang berwarna merah. Saya belum melihat di lain tempat ada oncom berwarna merah seperti di Bandung. Tapi saya yakin di tempat lain ada jika kondisi kelembaban dan temperatur yang sama dengan Bandung terus jenis ragi yang ditambahkannya sama pasti akan merah juga.

Oncom yang berkualitas baik kelihatan banyak kacangnya

Tapi untuk membuat makanan seperti yang saya sebutkan di atas jika ingin enak tentunya harus oncom yang kualitasnya baik. Nih saya kasih tahu, ini hanya kebiasaan istri saya kalau membeli oncom tempatnya di Pasar Kosambi Bandung.

Di pasar Kosambi itu langsung saja masuk ke pasar sayuran ada di lantai bawah bagian tengah, tanya saja dimana tukang oncom, satu gebleg (papan) harganya Rp 4.000. Kemudian ini yang penting, jangan membeli begitu saja geblegan oncom tapi harus dilihat dulu bagian dalamnya dengan cara dibelah. Oncom yang baik adalah oncom yang di bagian bekas potongan geblegan oncom tersebut akan kelihatan penuh dengan kacang tanah. Yang kualitas kurang baik kacangnya jarang-jarang dan banyak ampas kelapanya.

Kalau sementara dibeli warnanya belum merah tidak masalah karena kapangnya belum berkembang dan baru dibuat.

Oncom dijadikan kere

Jika Anda ingin membawa oncom untuk oleh-oleh jangan membawa geblegan oncom begitu saja lebih dari satu hari nanti akan busuk, tapi harus dibuat kere (dendeng) dulu supaya tahan lama baik untuk oleh-oleh maupun untuk persediaan.

Mudah kok membuat kere oncom itu, oncom geblegan itu tinggal diiris tipis kemudian dijemur atau diangin-angin begitu saja, jangan kaget kalau belum kering akan dipenuhi kapang berwarna merah, tapi kalau kere tersebut sudah kering warnanya akan biasa seperti sebagaimana oncom.

Nah kere oncom bisa tahan sampai 2 bulan tapi jika sudah kering dan lebih baik lagi disimpan di lemari es, kemudian jika ingin dimasak direndam dulu dengan air biasa.

13 thoughts on “Oncom Bandung di Pasar Kosambi

  1. Nah itu mas yang saya belum ngerti, mestinya ada ya alamat yang bisa dihubungi, nanti kalau ada saya kasih tahu, Joya – Bandung kan dekat sesekali sambil main datanglah di Kota Bandung, terima kasih sudah membaca dan juga berkomentar

  2. Berapa lama ya oncom bs bertahan? soalnya di tempatku ga ada oncom. sesekali kangen makan oncom.

  3. kalau mau agak tahan lama yaitu harus diiris-iris tipis kemudian dijemur sampai cukup kering, bisa tahan satu mingguan. kemudian jika ingin agak lebih lama simpan saja di lemari es bisa tahan satu bulan. tanpa dijadikan dendeng (kere – sd) hanya tahan 2 – 3 hari saja.

  4. Halo P. Eman,
    Apakah bapak ada nasehat juga buat bagaimana cara memilih ” Ragi Oncom” yg baik itu bagaimana ? Ragi oncom merah & ragi oncom hitam. Dan dimanakah bisa di beli ragi 2x oncom itu ?

  5. Wah maaf Pak, saya belum dapat informasi yang jelas mengenai memilih ragi oncom, tapi kelak jika ada akan saya beri tahu. Terima kasih sudah mampir dan brkomentar

  6. kini telah hadir COMbro peTIR, combro instan pedas luar dalam banyak pilihan rasa
    -isi perbungkus 20 buah plus bungkus,
    – tanpa pengawet, dijamin renyah Gurih dan lezat,
    – tahan 3-4 hari jika di udara terbuka, jadi aman untuk kirim-kirim via jne
    – 7 hari jika di simpan di kulkas
    – cocok buanget untuk pencinta gorengan, pencinta cemilan, cepuluh cebelas🙂

    Pilihan Rasa :
    -Grade ori
    -Ayam gledek
    -Sosis Guntur
    -Sapi kilat
    -Keju larva

    pemesanan hub: 089 6363 030 12
    lokasi jakut dan sekitarnya cod welcome

  7. Pingback: Kamu Akan Menyesal, Jika Diet Saat Traveling ke Bandung

  8. selamat malam pak, saya mau tanya kalo beli ragi oncom di jogja dimana ya? untuk keperluan penelitian. terimakasih pak, mohon infonya

  9. selamat pagi. maaf mengganggu. Nama saya putri, saya salah satu mahasiswa dari semarang yang mendapatkan tugas mata kuliah mikrobiologi terapan untuk membuat oncom. saya sudah mencari ragi oncom ini di berbagai kota, namun hingga sekarang saya belum menemukan ragi oncom. Apakah di Bandung ada yang menjual ragi oncom? mohon informasi dan bantuannya. terimakasihpu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s