Nikmatnya Makan Berjamaah dari Satu Tempat

Makan Berjamaah

Anda kedatangan sejumlah tamu dekat seperti saudara atau kawan-kawan akrab semasa sekolah? Terus juga ada niat untuk menjamu makan? Bosan dengan cara prasmanan atau makan ditata di meja makan? Kalau tamunya sekitar 10 – 15 orang, cobalah menyajikan makanan dengan cara berjamaah.

Tradisi makan berjamaah dari satu tempat pernah saya lihat di Mekah saat waktunya makan para pekerja yang mengurusi jamaah haji. Mereka sekelompok terdiri dari 5 – 6 orang kemudian makan bersama dari satu nampan.  Bahkan juga katanya tradisi makan berjamaah ini dipraktekan di beberapa pesantren di Indonesia. Nah, suatu saat anak dan mantu saya itu mencoba mengadopsi cara menyajikan makan dengan cara unik ini.

Bagaimana menyiapkan dan menghidangkannya? Tempat makannya tak usah di meja akan tetapi dilantai saja makannya sambil duduk lesehan. Pertama-tama sediakan untuk alas makanan yang agak lebar dan memanjang tempat yang demikian itu yang paling cocok adalah daun pisang yang masih utuh, dipotong saja pelepah daun yang masih utuh itu kemudian dilap dengan lap basah dan bersih. Kemudian tempatkan nasi dengan cara memanjang demikian juga lauk pauknya.

Pada kesempatan itu anak saya menghidangkan makanan sederhana saja, nasinya nasi liwet, lauk pauknya seperti ikan dan ayam goreng, ikan asin, urap, lalapan, sambal, kerupuk, dan goreng bacem tahu tempe.

Posisi yang makan berhadapan menghadapi hidangan, jadi kita duduk berdekatan dan berhadap-hadapan menambah keakraban, kedekatan, persahabatan. Sebelum makan dimulai boleh misalnya berdoa atau berbicara dulu tentang maksud dan tujuan undangan tersebut, tapi jangan panjang-panjang berbicaranya karena  makanan akan segera diserbu dengan penuh canda dan tawa, maklum dengan tamu yang sudah demikian akrab, apalagi perut sudah lapar bukan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s