Manusia Lanjut Usia dan Gaptek

Saat ini kelihatan banyak sekali orang usia lanjut di tempat-tempat fasilitas umum, di bank, di supermarket, di tempat-tempat pembayaran tagihan rekening listrik, pdam, telepun, dan sebagainya. Mereka bukan hanya sekedar duduk-duduk tidak ada pekerjaan namun terlibat sebagaimana aktivitas orang muda yaitu membayar dan juga melakukan transaksi lainnya. Tentu saja manula akan beda dengan manuda, masih muda.  Misalnya dalam gerakan manula tidak lagi gesit dan lincah, juga penglihatan dan pendengarannya sudah berkurang. Tentu hal ini memerlukan permakluman dari orang muda, maksudnya perlu pertolongan, perlu penerangan yang jelas, dan perlu bantuan lainnya yang tentu saja hal tersebut tidak diperlukan oleh orang yang masih muda.

Karena usia lanjut itu pula banyak hal-hal yang kurang dipahami oleh pelayanan-pelayanan publik. Seperti contoh orang lanjut usia juga sering gagap teknologi karena semasa mudanya belum ada vasilitas modern nan canggih seperti saat ini. Semisal saja dalam hal menggunakan atm saat ingin mengambil uang atau transaksi lainnya. Juga sebagai misal orang lanjut usia tentu saja banyak yang tidak faham bahkan tidak mengerti penggunaan handphone, ilmu komputer, bahkan apalagi internet.

Menghadapi hal-hal ini, maksudnya hal-hal baru, banyak dari orang lanjut usia yang tidak sabaran, bahkan marah-marah kepada petugas. Tentu hal ini sekali lagi perlu perhatian dari mereka yang masih muda. Karena kelak jumlah lanjut usia semakin banyak, dan akan semakin banyak lagi yang harus dilayani dengan sedikit kesabaran.

Dan juga diharapkan orang tua lanjut usia hendaknya kalau di tempat fasilitas umum seyogianya kesabaran ditambah, dan sebaiknya tidak marah-marah di tempat umum. Juga mungkin bagi orang tua yang terlalu banyak berbicara, kadang banyak orang tua yang sok tahu, ada baiknya untuk lebih banyak diam merenung dan lebih banyak mendengarkan. Kita sudah kenyang bicara sejak  sedari muda bukan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s