Satu Jabatan Yang Tidak Pernah Diperebutkan

Jabatan selalu diperebutkan itu memang lazimnya begitu. Apalagi jabatan itu bergensi misal saja paling top menjabat sebagai presiden, menteri, anggota DPR, gubernur, bupati, camat, lurah, dan sebagainya.  Mengapa jabatan tersebut diperebutkan karena menaikkan harga diri, popularitas, mendapat kehormatan, disegani, bahkan pendapatan dan fasilitas yang menggiurkan. Walaupun kalau ditanya jawabannya klasik, ingin mengabdi kepada negara, ingin memperjuangkan nasib kaum yang tertindas, dsb.

Jabatan pada karir di pekerjaan juga diperebutkan karena posisi kosongnya cuma satu jadinya diperebutka oleh beberapa atau banyak pekerja. Misal jabatan supervisor diperebutkan oleh beberapa teknisi, jabatan kepala seksi diperebutkan oleh beberapa supervisor, dan seterusnya. Karena skema organisasi di perusahaan seperti piramid yang makin lancip ke atas, dimana misalnya dalam satu departemen sebuah perusahaan hanya ada satu manager, jadi pantas kalau diperebutkan.

Tidak pernah kejadian para kepala seksi saling memberi kesempatan kepada kepala seksi lain untuk lebih dulu menjadi manager, bahkan sebaliknya saling bersaing, contoh sehatnya, bersaing berprestasi.

Anda pernah sholat berjamaah di masjid atau di mushola, ada posisi atau ada jabatan kosong yakni menjadi imam sholat, itu juga jabatan mulia jika dilakukan dengan baik tentu pahalanya kelak di sisi Allah SWT sangatlah tinggi. Tapi jarang sekali kejadian jabatan imam itu diperebutkan, bahkan saling mempersilakan orang lain untuk memngkunya. Biasanya kalau di mushola saling tunjuk yang secara fisik (yang kelihatan lansung) paling memungkinkan untuk menjadi imam misalnya yang berkopiah, yang berserban, bahkan yang sudah berumur  tua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s