Jaga Image

Image, betul begitu cara menulisnya dalam bahasa Inggris.  Image dalam bahasa Indonesia sering disamakan dengan harga diri, nama baik, atau gensi. Anak muda sekarang kalau seseorang lagi unjuk gensi sering disebut jaim atau jaga image itu. Nampaknya jaim perlu agar orang tidak menganggap remeh atau menganggap kecil, atau minimum kehadiran kita diperhitungkan orang. Tujuannya agar kita tidak dianggap anak bawang oleh orang lain. Begitu pikiran asli saya.

Ada seorang teman pensiunan saya yang akrab sekali dengan saya, kadang dia suka berlebihan kalau berbicara dengan saya. Sebagai contoh dia tidak ragu-ragu lagi kalu bicara dengan saya soal hubungan suami istri malahan nyerempet-nyerempet ke vulgar. Kalau bertemu antara saya dan dia berhay-hey begitu saja, tidak pakai perlu tatakrama kesopanan. Saking akrabnya.

Kemarin saya bertemu dia sedang mengantar kedua cucunya berobat, juga diperkenalkan pacar salah seorang cucunya. Saya biasa dengan dia tidak ragu-ragu lagi, malahan saya ingin cerita kepada dia bahwa saya sudah mulai sembuh dari sakit yang panjang. Dan tadinya saya mau mengucapkan terima kasih kepadanya atas perhatiannya selama saya sakit. Tapi saya merasa tidak bebas berbicara dengannya karena teman saya itu seperti menjaga jarak dengan saya. Bicara seadanya bahkan segera memberikan kata perpisahan “didoakan semuanya sehat selalu!” katanya.

Saya mengira dia sengaja jaga image karena pertama dia harus bergensi dihadapan cucu-cucunya, juga bahkan apalagi dihadapan pacar cucunya. Saya tidak sakit hati, tidak dendam, saya tetap sahabatnya, sebab nanti kalu suasananya berbed, di suasana lain dia akan akrab sekali termasuk bicara yang vulgar.

Pendapat saya bahwa kawan saya itu jaim, istri saya sama sekali tidak setuju. Karena menurut istri saya dia tetap baik sebagaimana biasanya katanya. Apa saya yang salah duga ya? Kadang memang manusia penuh segala salah dan hilaf apalagi hanya pendapat saya sendiri secara sepihak. Manusiawi bukan?

Leave a Reply

