Lansia, Cerita Berulang dengan Topik yang Sama

Ada cerita dari saudara saya bahwa kebiasaan suaminya yang sudah pensiunan disetiap habis sholat shubuh berjamaah dengan keluarga selalu diahiri dengan ceramah. Sering ceramah agama akan tetapi kebanyakan adalah pepatah dan bahkan cerita pengalaman pribadinya. Tapi suatu saat salah seorang anaknya berbisik kepada Ibunya bahwa isi ceritanya sudah hapal karena diceritakan sudah beberapa kali.

Kebiasaan Lansia apalagi terhadap anak muda adalah bercerita dan menasihati. Mengapa dengan kebiasaan itu, kata kakak saya, pertama orang tua selalu  ingin agar menjadi contoh tentang beberapa hal kebaikan terutama oleh anak dan cucunya. Keduanya karena para orang tua khususnya para lansia sudah mengalami umur lanjut dengan segala pengalamannya sedangkan anak muda belum merasakan lanjut usia.

Tapi kenapa berulang-ulang, ini semata-mata karena faktor lupa saja, dan hal begitu bukan karena sudah pikun, karena kata pakar kesehatan lansia beda antara lupa dan pikun. Pikun akan dilengkapi dengan kesalahan orientasi. Disamping itu karena para lansia banyak berbicara jadi seperti buku yang terbuka mudah dinilai. Bandingkan dengan orang tua yang jarang bicara, memang tidak berbuat kelupaan, tapi apa yang lupa bicaranya juga tidak bukan?

Tentu saja hal cerita yang selalu berulang akan membosankan anak muda dan pendengar lainnya. Meski demikian kepada anak muda ada baiknya cerita orang tua didengar dengan baik sebab kadang menginspirasi kita untuk berbuat hal baik yang serupa.

Dan tentu saja nasihat kepada orang tua khususnya lansia apabila bercerita dihadapan anak muda termasuk anak dan cucu harus jujur ketika berbicara, apa adanya, dan betul-betul kejadian yang sesungguhnya. Sebab jika ceritanya ditambah hayalan atau diperseru agar pendengar percaya nanti apabila ceritanya berulang-ulang dan tidak sama dongengnya dengan yang lalu, akan dicemooh oleh anak cucu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s