Hibah dari Australia

Pengertian hibah dalam kamus KBBI, hi·bah n pemberian (dng sukarela) dng mengalihkan hak atas sesuatu kpd orang lain: rumah ini kami terima sbg — dr paman. Ini hibah dari negara kaya terhadap negara berkembang sebesar hampir Rp 260 Milyar. Demikian diberitakan dari Direktur Pinjaman Luar Negeri dan Hibah Kementerian Keuangan.

Hibah dari Australia ini untuk BOS (Bantuan Operasional Sekolah). Negara kita sangat memerlukan dana untuk membantu warganya yang tidak mampu dalam membiayai anak-anaknya mengenyam pendidikan yang layak.Tentu saja kita wajib berterima kasih kepada negara Australia.

Di banyak tempat BOS sudah sesuai dengan maksud dan tujuannya, Semoga beberapa kekurangan mengenai penggunaan dana BOS ini bisa diperbaiki dan betul-betul kena sasaran.

Di bawah ini kutipan dari yahoo dot com

Australia Hibahkan 26 Juta Dolar Untuk BOS

Antara

Australia Hibahkan 26 Juta Dolar Untuk BOS

Jakarta (ANTARA) – Pemerintah menerima hibah dari Australia senilai 26 juta dolar Australia untuk memperkuat program BOS (Bantuan Operasional Sekolah).

“Itu adalah hibah dari pemerintah Australia untuk memperkuat program Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dengan nilai sebesar 26 juta dolar Australia,” ujar Direktur Pinjaman Luar Negeri dan Hibah Kementerian Keuangan, Maurin Sitorus seusai acara penandatanganan nota kesepahaman hibah di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan hibah tersebut merupakan bantuan yang pertama kali diberikan pemerintah Australia dalam rangka mengembangkan sarana pendidikan di Indonesia.

“Kita harapkan akan ada bantuan hibah lagi untuk berikutnya dari pemerintah Australia,” ujarnya.

Untuk penyaluran hibah atau dana bantuan ini, lanjut dia, pemerintah Australia akan menyerahkan sepenuhnya kepada Indonesia terutama dalam pengadaan procurement atau lelang barang dan jasa melalui penggunaan Perpres 54/2010.

“Jadi audit menggunakan sistem kita. Nantinya akan diaudit oleh BPK (Badan Pemeriksa Keuangan), dengan cara sistem kita. Tentunya laporan ke mereka pasti ada,” katanya.

Ia mengatakan selama ini untuk program BOS, pemerintah mendapatkan alokasi anggaran dalam APBN selain bantuan pendanaan dari Bank Dunia untuk memperkuat sistem transparansi dan akuntabilitas.

“BOS didanai rupiah murni dan refinancing dari Bank Dunia. Kita gunakan dulu rupiah murni, kemudian Bank Dunia akan beri pinjaman berdasarkan realisasi daripada BOS. Kita sebut itu `refinancing modalities` untuk memperkuat transparansi dan akuntabilitas,” ujarnya.

Selain Australia, Maurin mengatakan pemerintah Indonesia juga akan mendapatkan hibah dari Uni Eropa untuk bidang pendidikan.

“Dari Uni Eropa saja sudah komitmen dan akan direalisasikan untuk tiga tahun dari 2011-2013. Itu semua digunakan untuk pendidikan. Untuk programnya apa, itu tergantung kita. Jadi mereka beri hibah, nanti masuk ke sistem APBN, nanti baru dialokasikan ke sektor pendidikan,” ujarnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s