Nasi Kucing Ala Bandung?

Nasi kucing adalah sebutan untuk sebungkus nasi dengan lauk sederhana, hanya sambal dan bihun saja, dijajakan di pinggir jalan, saat itu tahun 2005 harganya Rp 1.000 per bungkus. Saya baru menemui dan mengenalnya waktu jalan-jalan di Semarang dan Yogyakarta. Disebut nasi kucing barangkali hanya mengenyangkan kucing saja, karena porsinya kecil sekali, kalau ukuran perut saya barangkali harus lima bungkus. Lumayan untuk mengisi perut bagi yang lagi tongpes atau cekak.

Penjual Nasi Bungkus

Di Bandung selama ini saya belum pernah menemukan yang menjual semacam nasi kucing itu. Tapi atas informasi teman bahwa ada yang jualan nasi bungkus di jalan Cihapit no. 6  Bandung, maka saya atas ajakan istri pergi melihat ke sana.

Ah, kalau saya bandingkan dengan penjualan nasi kucing di Semarang dan Yogyakarta saat itu, ini mah sebutlah dijual di toko, bukan dagangan pinggir jalan untuk rakyat kecil. Jadi saya tidak setuju kalau yang di Bandung ini disamakan dengan nasi kucing yang saya lihat dulu di Yoya itu.

Isi sebungkus nasi pongol

Di sini dijual berbagai nasi bungkus ada nasi begana, nasi krawu, nasi bali, nasi kuning, nasi uduk, nasi ponggol, bahkan ada bungkus nasi pecel. Ternyata di masing-masing bungkus nasi yang nasinya lebih banyak jika dibanding nasi kucing, lauk pauknya cukup lengkap.

Sebagai contoh isi bungkus nasi pongol lauknya: seperempat potong pindang telur ayam, tumis kacang merah, sambal, gepuk, dan kerupuk. Untuk ibu-ibu yang sedang diet cukup satu bungkus, sedangkan untuk laki-laki dewasa minimum 2 bungkus bahkan yang lapar bisa tiga. Harganya Rp 6.000 per bungkus.

Jika Anda ingin mencobanya dipersilakan rasanya agak sedikit manis terus terang lumayan enak. Ketika saya tanya ternyata penjualnya Wong Solo.

4 thoughts on “Nasi Kucing Ala Bandung?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s