Beda Keyakinan Dalam Menjalankan Kewajiban Beragama? Biasa Saja!

Kadang saya suka ngelantur

Saya tidak akan membicarakan yang jauh-jauh misalnya cara menjalankan ibadah agama yang berbeda, juga tidak ingin mempersoalkan perbedaan ibadah antara Islam Sunni dan Islam Syiah, apalagi bedanya antara Ahmadiyah dan Islam main stream di Indonesia. Yang akan saya bicarakan adalah sesama Islam yang kebanyakan ini pada kenyataannya dalam keyakinan dalam beribadah seringnya berbeda-beda.

Karena kami para pensiunan sudah pada tua, dimana usia berkisar diatas 60 tahun, pengalaman hidup dalam keberagamaan khususnya Islam, menunjukkan, kalau mau diurai, banyak keyakinan dalam berbagai hal masalah agama diyakini secara berbeda. Dan rasanya kami sepakat untuk tetap berbeda, dan itu biasa saja, tak perlu diadakan debat kusir, pertengkaran, apalagi kekerasan dan pengusiran.

Bahwa kami menyadari setiap insan mempunyai keyakinan masing-masing dalam memaknai ayat atau hadist. Demikian juga kami kadang berbeda dalam memaknai suatu khotbah Jumat, ceramah, pengajian, bahkan memaknai pelajaran dari ustad pavorit masing-masing.

Sama sekali kami tidak mempersoalkan apakah seseorang pada saat sholat shubuh membaca doa qunut atau tidak.

Kami juga tidak mempersoalkan tentang tahlilan orang yang meninggal, sampai selamatan kesatu, ketujuh, keempatpuluh, keseratus, dan keseribu hari.

Dan juga jika seseorang meninggalkan keluarganya pergi khuruj dengan grup tablighnya, bahkan sampai berminggu dan berbulan, tidak kami tanyakan.

Dan jika seseorang mengaji ilmu tarikat dengan komunitasnya di tempat yang khusus juga masjid yang spesial, kami tidak mempersoalkannya.

Dipersilakan mau membaca Quran dengan hanya bisa membaca huruf Arabnya saja tanpa mengerti maknanya, atau juga hanya membaca terjemahnya, karena tidak bisa membaca huruf Arabnya atau membaca tafsirnya saja.

Kita punya kepala yang berbeda, punya keyakinan yang berbeda, tidak mengapa bukan? Jadi sangat maklum pasti berbeda dengan apalagi yang berlainan agama.

Kita tidak perlu seragam dalam berbagai hal bukan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s