Suka Goreng Singkong? Ini Caranya

Bahan Singkong Yang baik

Siapkan bahannya yakni singkong yang tidak pahit, dan harus yang empuk. Biasanya jika dibuka kulit arinya akan kelihatan warna merah, dagingnya kelihatan putih segar. Singkong adalah produk pertanian yang tidak tahan lama, kalau dibiarkan lama setelah dicabut umbinya lama kelamaan akan berubah warna menjadi menghitam dan bahkan akan menjadi busuk.

Kemudian setelah singkong dipotong-potong, dikupas, dan selanjutnya dicuci, lalu langsung direbus dengan menambahkan garam, gula putih, salam, sereh, dan gerusan kunyit. Setelah masak dimana kalau singkong empuk akan kelihatan singkong rebus masak yang merekah, lalu ditiriskan dan dibiarkan agak dingin.

Singkong rebus sedang ditiriskan

Jika ingin segera memakan singkong goreng maka langsung saja digoreng dan sesudah menguning baru diangkat, makanlah selagi masih panas atau hangat, lebih enak di-coelkan ke saus sambal cabe atau tomat.

Biasanya goreng singkong selalu disiapkan mendadak, dan proses pembuatannya lama, akan tetapi jika ingin tersedia terus maka buatlah singkong rebus agak banyak untuk persediaan. Simpanlah singkong rebus tersebut di kulkas biasanya akan tahan selama 2 minggu, jika ingin singkong goreng prosesnya tidak panjang lagi tinggal keluarkan dari kulkas dan langsung digoreng.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s