Kupat Tahu, Three In One

Anda tahu makanan kupat tahu di Bandung? Kupat adalah ketupat, ini adalah makanan pinggir jalan yang cepat saji, terdiri dari ketupat yang dipotong-potong tambah goreng tahu panas, tambah rebusan toge, kuahnya sambal kacang tanah, enak dan cocok untuk sarapan pagi. Kupat tahu dijajakan memakai roda didorong atau mangkal di tempat tertentu. Sebetulnya kupat tahu ini ada dua macam, perbedaannya hanya pada kuahnya saja yakni kupat tahu Singaparna kuahnya sambal kacang tanah, sedangkan satu lagi kupat tahu Padalarang kuahnya sayur bersantan berwarna kuning. Sebetulnya kupat tahu Singaparna ada variannya yakni kupat tahu petis. Ketiganya sama enaknya.

Ternyata makanan jajanan dengan kuah sambal kacang lumayan banyak seperti gado-gado, pecel, lotek, batagor, tahu teg, ketoprak, dan banyak lagi. Kembali ke kupat tahu, karena alasan jajanan makanan ini satu bumbu sedangkan bedanya hanya sedikit maka ada pedagang yang mejajakan makanan ini three in one yakni: kupat tahu Singaparna, kupat tahu petis, dan ketoprak. Bedanya sedikit saja kupat tahu Singaparna bumbunya sambal kacang tanah saja, kupat tahu petis yaitu dadakan ditambahkan petis di ulekannya dan juga ditambahkan potongan kecil mentimun, sedangkan ketoprak sama bumbunya sambal kacang tanah dan hanya ditambahkan bihun saja.

Ide three in one juga terdapat dalam satu roda dorong misalnya di Bandung ada two in one roda yakni yang menjual mie bakso biasa, dan mie kocok, mie kocok bedanya hanya ditambahkan toge dan baksonya diganti dengan kulit kaki sapi yang sudah direbus matang dan empuk. Mungkin karena semakin banyak selera dari konsumen sehingga menjualnya sekalian saja kan bedanya toh hanya sedikit saja.

Tapi menurut saya kalau three in one pada roda dorong makanan cakueh, odading, dan donat, sepertinya terlalu menyamaratakan rasa kue tersebut. Meski bahannya sama dari terigu akan tetapi tidak hanya sekedar beda bentuk, donat itu beda rasa, harus beda, tidak hanya sekedar bolong di tengah sedangkan rasanya sama dengan odading.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s