Membayar Lebih Mahal Untuk Air dari PAM

Saya sampai sudah lupa pelayanan air ledeng yang standar itu seperti apa, saat ini dan setidaknya sejak 10 tahun yang lalu di kompleks perumahan sekitar Bandung Timur cukup merana. Mengapa merana, karena hanya mengalirnya mulai tengah malam sampai jam 4 pagi saja. Selebihnya yaitu pagi, siang, dan sore, sama sekali setetes pun tak mengalir. Padahal kegiatan hidup kita siang hari bukan?

Kalau diceritakan ke penghuni perumahan di wilayah Bandung lain seperti daerah Cibeureum misalnya, pasti mereka menyebutkan sudah untung bisa mengalir malam, mereka lebih parah karena selamanya tidak pernah dialiri air kran dari pdam itu. Itulah yang menyebabkan saya sampai lupa pelayanan air yang baik itu yang bagaimana.

Memang sebagai contoh saya membayar relatif murah sekitar Rp 50.000 per bulan karena penghuni rumahnya juga cuma berdua, dan karena mengalirnya hanya malam terpaksa tengah malam itu harus menampung dulu, terus mengisi bak kamar mandi. Dan jika ingin mengisi bak kamar mandi di atas terpaksa harus dipompakan dulu dengan pompa air.

Sementara ini saya berpendapat bahwa kita sebetulnya membayar air ledeng itu lebih mahal dari sesungguhnya. Coba saja hitung pertama harus membuat penampung dulu karena siang hari air tidak mengalir, kedua harus memompa air ke penampungan yang lebih atas dan pompa harus dibeli dan harus dijalankan dengan menggunakan listrik, ketiga harus membeli tong penampungan lain jika rencana ada tamu yang menginap, keempat mengeluarkan tenaga karena sebagian harus diangkut menggunakan ember, kelima harus bangun tengah malam untuk menampungnya dan tidak bisa ditinggal akibatnya kita terganggu tidur. Kan kalau dirata-rata jatuhnya kita membayar langganan air lebih mahal.

Barangkali iya ada obatnya, sabar dan tawakal saja, tapi apa memang begitu pelayanan air minum yang baik?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s