Makan Ketoprak di Bandung

Jenis makanan di kota Bandung semakin ramai, boleh juga kalau Bandung menjadi kota kuliner. Yang menjadi semakin beragamnya makanan di Bandung adalah dengan datangnya dan disukainya makanan daerah lain yang datang ke ibukota Priangan ini.

Kalau makanan Padang, gudeg Yogya, dan pekmpek Palembang sudah dari dahulu ada di Bandung, memang enak. Kemudian juga menyusul makanan Jawa lainnya berupa pecel lele dan nasi pecel mulai dikenal di Kota Bandung, murah tetapi mmmh nyamik. Dan masih banyak lagi makanan daerah lain yang menjadi jajanan di Bandung. Barangkali asal muasalnya dari penyediaan makanan tersebut khusus untuk kaum pendatang saudara kita dari daerah lain, tapi kemudian jadi banyak orang Bandung yang menikmatinya.

Sebungkus ketoprak Bandung

Saya ingin cerita tentang makanan daerah lain yang baru saya lihat mulai muncul di Bandung. Saya yakin tidak semua orang Bandung tahu ketoprak, “ari ketoprak teh naon?” Ketoprak setahu saya populernya di Jakarta, tapi ini ada di Bandung, tidak percaye? Lihat aje!

Ketoprak terdiri dari potongan lontong, tambah toge, tambah juga bihun, terus bumbunya sambal kacang tanah, itu saja, eh lupa ditambah kecap. Terus makannya dengan kerupuk. Satu porsi ketoprak di Bandung seharga Rp 7.000.

Ketoprak Bandung

Saya melihatnya pertama kali ada di Bandung pedagang tersebut mangkal di kompleks perumahan Margahayu Raya dekat kompleks perumahan Metro.

Belakangan juga saya melihatnya lagi ada mangkal di Cikutra di depan Taman Makam Pahlawan. Di kedua tempat tersebut sudah saya coba dan saya berani bersaksi bahwa rasanya lebih enak dari pada di Jakarta. Atau karena sewaktu memakan ketoprak Bandung kebetulan ditraktir orang ya?

2 thoughts on “Makan Ketoprak di Bandung

  1. Mau tau dong metronya di sebelah mn?lg ngidam banget makan ketoprak…plisss…mksh…:-)

  2. he he he lagi ngidam ya? terus saja menyusuri jln tata surya, tak jauh dari kompleks perumahan metro, terima kasih wassalam

Leave a Reply

