Pengalaman Pribadi Dikerok Prostat (5)

Pelaksanaan Operasi Pengerokan Prostat

Rencana dilakukan operasi pengerokkan prostat adalah hari ini jam 07:00. Pagi-pagi sekali sudah selesai mandi, terus oleh suster perawat dipakaikan baju putih husus untuk dioperasi. Dan begitulah jam 07:05 saya sudah diberangkatkan menuju ke ruang operasi. Sebelumnya berdoa dulu dipimpin oleh kakak istri saya. Di perjalanan rasanya cepat sekali dan beberapa saat sudah sampai di pintu masuk ruang operasi, maka setelah bersalaman dengan istri, saya bismillah dan masuklah ke ruangan operasi itu tepat jam 07:07. Terasa ruang operasi temperaturnya demikian dingin, padahal baju operasi yang dipakaikan hanya selapis dan ke bagian bawah sengaja tidak dipakaikan apa-apa hanya ditutupi selapis selimut tipis putih. Tapi petugas di dalam ruangan memberikan selimut yang sudah dihangatkan, terasa perasaan nyaman menjalar ke seluruh tubuh.

Petugas ruang operasi melihat identitas dari status pasien yang disertakan, kemudian dipasang infus, dan saya dipersilakan untuk menunggu beberapa saat yaitu menunggu dokter urolog yang akan melakukan operasi. Setengah jam kurang terdengar suara dokter urolog datang, kemudian saya dipindahkan ke meja operasi. Dokter Urolog menengok saya, dan memanggil nama saya, saya mengangguk pelan dan membalas senyuman dokter.

Nampaknya tindakan operasi akan segera dimulai. Kemudian oleh dokter anestesi saya disuruh duduk dengan posisi badan agak menunduk. Lalu dokter anestesis berkata bahwa akan disuntik di lokasi tulang punggung sambil menyemprotkan cairan pembaal. Kemudian disuruh menarik napas panjang, dan sepertinya obat bius disuntikan, beberapa saat kemudian terasa hangat menjalar ke bagian bawah badan. Ahirnya daerah bagian badan betul-betul tidak terasa apa-apa, kaki saya diangkat pun tidak terasa.

Pengerokan kelenjar prostat mungkin sedang berjalan saya sepenuhnya dalam keadaan sadar dan tidak ada perasaan sakit sedikitpun. Karena tidak terdengar suara apa-apa dan mungkin perasaan aman dan tidak ada yang harus ditakutkan, maka saya tertidur. Saya sendiri merasa tertidur sampai dua kali, Selanjutnya tetap sadar dan sekali melihat dokter urolog memperlihatkan jaringan hasil pengerokkan prostat. Tidak ada kata dari petugas betul-betul hening tiada suara, dan saya sadar bahwa operasi pengerokan prostat sudah selesai, kemudian saya dipindahkan ke tempat tidur yang dipakai tadi dari ruang perawatan. Mungkin saya tertidur lagi, dan terbangun saat mendengar suster akan membawa saya keluar dari ruang operasi.

Keluar dari ruang operasi jam 10:32 (ini dilihat belakangan dari foto-foto yang dibuat istri saya). Ahirnya saya betul-betul dengan perasaan segar dan lega, keluar dari kamar operasi didorong oleh perawat petugas ruang perawatan. Di luar saya disambut oleh anak istri dan kerabat, saya betul-betul dalam keadaan sadar dan perasaan nyaman.

Hitung punya hitung saya berada di ruang operasi selama 3 jam lebih 25 menit. Ada kemungkinan operasi pengerokan prostate berjalan selama kira-kira 2 jam. Alhamdulilah pelaksanaan operasi pengerokan prostat telah berjalan dengan baik.

Dilanjutkan…

Leave a Reply

