Pengalaman Pribadi Dikerok Prostat (4)

Persiapa Operasi Pengerokan Prostat

Dokter spesialis urolog untuk pertama kalinya menyatakan bahwa upaya yang harus dilakukan adalah pengerokan terhadap pembengkakan prostat yang saya derita. Seperti sudah dikatakan bahwa saya pun sudah berniat untuk dioperasi jika memang itu diharuskan, karena ingin tuntas dalam masalah ini, pembengkakan prostat ini sudah lama saya derita.

Kembali ke persoalan menjelang dioperasi prostat, saya sudah siap, fisik maupun mental, sudah bismillah. Dokter yang akanmelakukan operassi menerangkan panjang lebar, akan tetapi saya tetap merasa masih gelap apa yang akan dilakukan pada saatnya terhadap diriku. Malahan karena kurangnya pengetahuan mengenai hal ini, ketika dokter anestesi datang  tidak komentar dan bahka bertanya pun tidak. Betul-betul pasrah mau diapapakan pun pasrah saja.

Kondisi fisik saat menjelang operasi memang sedang baik, dalam artian demam yang mendera setiap hari sudah hilang. Jadi secara terbatas masih bisa turun dari tempat tidur, bahkan untuk ke belakang pun termasuk mandi hanya dibantu oleh istri seperlunya saja. Artinya tidak seperti beberapa hari saat mulai dirawat inap semuanya memerlukan pertolongan istri dan perawat.

Seperti telah saya singgung di muka bahwa dokter spesialis jantung menganjurkan agar operasi pengerokkan prostat dilakukan 7 hari sejak saya masuk rawat inap. Akan tetapi dokter spesialis urolog menganggap cukup lima hari saja. Oleh karena itu dokter spesialis urolog memastikan dua hari lagi hari H dioperasi prostate. Disamping itu urologis itu tiga hari yang akan datang sudah punya rencana dan acara lain. Ada tambahan yang mendorong saya untuk segera minta dioperasi yaitu karena perusahaan yang menjamin biaya perawatan kesehatan membuat peraturan bahwa jika rawat inap lebih dari 15 hari maka hari-hari selanjutnya saya harus membayar 15% dari biaya yang timbul, dan itu saya tidak mau, saya kan pensiunan mana mampu jika harus mengeluarkan biaya.

Selanjutnya saya tinggal menunggu hari pelaksanaan operasi, saya betul-betul sekali lagi sudah siap baik fisik maupun mental. Akan tetapi kecemasan tinggal satu yaitu menunggu hasil pemeriksaan jaringan semoga atas pemeriksaan jaringan itu prostat saya baik-baik saja adanya.

Dilanjutkan…

Leave a Reply

