Pengalaman Pribadi Dikerok Prostat (2)

Tidak Bisa Buang Air Kecil (Bak) dan Dipasang Kateter

Sesuai dengan rencana yaitu melakukan terapi minum air sebanyak 2 liter per hari, maka hari itu pagi-pagi sekali saya mulai meminum air putih sebanyak 4 gelas secara terus menerus. Mula-mula saya merasa biasa saja dan saya mulai bergerak kesana kemari di dalam rumah. Kemudian ada perasaan ingin bak, lalu duduk di toilet untuk bak ternyata air kemih belum bisa keluar. Mula-mula saya merasa bahwa hal ini tidak aneh karena saya sering mengalaminya, biasanya dengan agak lama duduk di toilet urin akan keluar. Akan tetapi ternyata hampir setengah jam saya menunggu keluarnya air kencing tidak juga ada setetes pun. Padahal tekanan dorongan dari dalam untuk mengeluarkan air kemih kuat sekali. (Catatan: Belakangan saya dapat keterangan dari urologist bahwa minum itu jangan sekaligus banyak tetapi sering dengan tenggang waktu. Karena memberi kesempatan kepada ginjal dan kandung kemih untuk bekerja)

Kemudian karena sudah tidak tahan, dengan diantar oleh istri, dengan memaksakan diri saya mengemudikan mobil, pergi ke UGD RS AI yang lokasinya relatif dekat dari rumah. Begitu datang ke UGD rumah sakit tersebut, oleh petugas UGD langsung dilakukan kateterisasi saluran air kencing. Untuk pertamakalinya saya merasakan dikateterisasi, yaitu dimasukkannya selang karet kecil kedalam saluran air kencing. Kemudian terasa air kencing keluar spontan dan tekanan dari dalam mulai berkurang. Terasa agak plong karena urine yang tertahan mendapatkan salurannya dan keluar semua, air kemih keluar bercampur dengan darah berwarna merah.

Kemudian siang harinya diperiksa USG (Ultrasonografi) prostate dan ginjal oleh dokter spesialis radiology adapun hasil pemeriksaan itu adalah sebagai berikut:

Ginjal: Ukuran kedua ginjal normal, tekstur parenkim normal, batas tekstur parenkim dengan central echocomplex normal. Sistem pelpokalices kedua ginjal tidak melebar, tidak tampak bayangan hiperekhoik dengan acustic shadow.

Vesica Urinaria: Ukuran VU normal, dinding regular tidak menebal, tidak nampak bayangan hiperekhoik dengan acustic shadow. Tampak balon cateter dalam vesica urinaria.

Prostat: Ukuran membesar (119 cc) tekstur parenkim homogen, tidak tampak daerah-daerah hiperekhoik ataupun kalsifikasi.

Kesimpulan: Pembesaran kelenjar prostate 119 cc. USG kedua ginjal, vesica urinaria tidak tampak kelainan. Tidak tampak pembesaran kelenjar paraaorta maupun koleksi cairan bebas intraperitoneal

Selanjutnya diperiksa dokter urolog yaitu dokter spesialis saluran air kemih. Oleh dokter saya dianjurkan untuk dilakukan operasi prostate. Karena jaminan kesehatan saya di RS St B, maka saya meminta untuk dirujuk ke rumah sakit tersebut. Setelah ada kesepakatan dengan dokter maka saya dibekali surat rujukkan. Kemudian sambil kateter terus terpasang di saluran air kemih, saya pulang dulu ke rumah untuk meminta tolong mantu mengantarkan ke RS St B.

Siang harinya sekitar jam 13.00 sampailah di UGD RS St B setelah secukupnya diperiksa oleh dokter UGD saya dianjurkan untuk dirawat inap. Itulah yang saya harapkan biar segalanya tuntas, dan saya sudah berniat bulat untuk jika memang diharuskan untuk dioperasi sekali pun. Dan sore harinya saya sudah berada di ruang perawatan.

Pada hari pertama dirawat inap ternyata dokter spesialis urolog belum bisa datang padahal saya merasakan ada kelainan pada pemasangan kateter yaitu masih terasa ada kebocoran atau rembes di sekitar tempat masuknya selang kateter. Disamping itu saya sesekali masih merasa ada keinginan untuk kencing, dan kalau diturutkan terasa pedih dan agak sakit.

Kemudian malahan datang dokter spesialis jantung, saya secara rutin dikontrol oleh dokter spesialis jantung, Beliau menyebutkan bahwa operasi prostat dianjurkan untuk dilaksanakan seminggu lagi. Alasannya karena selama ini saya setiap hari meminum obat pengencer darah bernama cpg dan ascardia, jadi jika mau dilakukan tindakan operasi harus distop dulu minum pengencer darah tersebut selama 1 minggu.

Dilanjutkan…

Leave a Reply

