Pengalaman Pribadi Dikerok Prostat (1)

Gejala Pembesaran Prostat

Merasa ada gangguan pada saat buang air kecil (bak) terjadi sudah lama sekali kemungkinan sejak umur 45 tahun. Adapun perasaan itu adalah perasaan tidak puas saat berkemih, masih terasa ada sisanya. Pada saat itu yaitu perasaan gangguan pada saat bak saya tidak menganggap suatu hal yang serius, makanya dibiarkan saja, dibiarkan maksudnya tidak dengan sengaja dikeluhkan kepada dokter atau tidak diperiksakan kepada dokter secara husus mengenai gangguan bak tersebut.

Ketika umur semakin bertambah, dan secara pelan-pelan menjadi tua yaitu umur 55 tahun, saya merasakan tambahan keluhan yaitu ketika bak merasa tersendat-sendat, pancaran air kecil lemah, mengedan sebelum kencing, dan sering bak hususnya pada malam hari. Meskipun keluhan bertambah begitu, saya masih tetap tidak berobat secara husus. Tapi memang pernah dikatakan kepada dokter spesialis jantung yang rutin merawat saya, bahwa ada keluhan pada saat bak. Dokter jantung hanya memberi pil bernama harnal. Selanjutnya karena gejala tersebut tidak terus-terusan dan saya beranggapan sendiri bahwa hal itu bukan suatu gangguan serius maka obat tersebut tidak rutin diminum. Dan keadaan terus berlanjut sampai usia saya mencapai 64 tahun.

Sakit Demam

Bertepatan dengan bulan ulang tahun umur saya yang ke 64, tiba-tiba saja pada tengah malam terbangun dengan perasaan badan tidak enak dan mimpi buruk. Ternyata badan tengah menggigil dan suhu badan terasa panas, sebuku-buku persendian pegal bahkan sakit. Itu biasanya gejala flu yang has kalau menimpa badan saya dengan disertai sakit tenggorokkan dan batuk yang tiada hentinya, terus bersin-bersin dan biasanya diahiri dengan hidung mampet. Akan tetapi ini bukan flu, bukan!,  tapi yang terasa suhu badan meningkat dan demam dengan badan merasa kedinginan sampai menggigil dan harus berselimut tebal. Saya langsung membangunkan istri dan minta minum air panas kemudian minum tablet penurun panas dumin, terus berselimut kembali, tapi badan tetap demam sampai pagi harinya. Dan terasa ada tambahan yaitu kalau buang air kecil mulai terasa sakit bahkan pedih.

Hari itu juga saya langsung ke klinik terdekat, sebetulnya jaminan kesehatan saya di RS St B akan tetapi karena jauh, terpaksa sementara sebagai pertolongan pertama, Di klinik yang terletak tidak terlalu jauh dari rumah, selain diperiksa dokter juga diperiksa darah dan air seni di laboratorium yang ada di situ juga.

Pada hasil Lab. ditemukan adanya kelainan pada jumlah lekosit: 21.900/mm3 harusnya dibawah 10.000/mm3. Pada pemeriksaan urine didapat eritrosit dan lekosit positif 4. Diagnosa sementara dokter menyebutkan adanya infeksi. Langsung diberi obat antibiotika dan obat penurun panas serta obat untuk mengurangi rasa sakit.

Meski tidak begitu terasa spontan penyembuhan sebetulnya saya yakin ada, saya betul-betul merana dengan sakit panas ini, karena rasanya untuk pertama kalinya terasa demam seperti itu. mungkin iya obat mulai bekerja, tapi infeksi pada badan saya bukan main-main jadi perlu kesabaran pada diri saya, dan itu bukan karakter saya kalau harus tertidur lemah dan termehek-mehek dengan penderitaan, saya ingin segera sembuh, ingin sekali!.

Ke UGD RS St B

Karena demam saya tak sembuh-sembuh saya tidak sabaran, baru dua hari sudah ke UGD RS St B, dan diperiksa darah lagi dimana didapatkan jumlah lekosit 21.000/mm3, dokter UGD tidak menduga typhus dan DB tapi disuruh pulang sambil menyuruh melanjutkan antibiotik dan hanya menambah obat pengurang rasa sakit setulang sendi yang mendera saya.

Hingga beberapa hari kemudian saya merasa agak baikkan bahkan selanjutnya saya merasa maju ke kesembuhan. Oleh karena itu saya ingin melanjutkan aktivitas harian saya yaitu senam manula dan jogging setiap pagi. Malahan ada maksud untuk melakukan terapi dengan meminum air putih sebanyak 2 liter per hari..

Dilanjutkan…

Leave a Reply

