Kejujuran

Kejujuran itu adalah berpikir dan bertindak benar. Jujur adalah mengatakan apa adanya, tanpa kompromi dengan sebaliknya yaitu kebohongan. Jujur adalah tidak takut kepada apapun karena hati, pikiran, dan perbuatan telah diyakini kebenarannya.

Orang yang berkata dan bertindak jujur seperti ada dalam pikiran dan hatinya tidak takut salah berbicara, karena dia akan terus-terusan berpendirian seperti apa yang dikatakan dan dilakukannya. Artinya kapan pun dan dimana pun dia akan bertindak dan berpikir separti apa yang diyakininya adalah benar. Karena kalau dulu A sekarang juga akan A, demikian juga kalau dulu B tidak akan sekarang jadi C.Orang jujur adalah juga tidak takut mengaku kesalahan dalam memahami sesuatu. Karena ilmu pengetahuan adalah relatif (saya kurang yakin dengan pernyataan ini, maaf) dia tahu bisa saja pendapat tersebut kemudian dibuktikan bahwa salah. Sering kita dengar pernyataan dari seseorang dengan kata-kata “sepanjang yang saya ketahui bahwa masalah itu begini”. Berarti mungkin diluar pengetahuannya ada pendapat yang berbeda, bahkan mungkin berlawanan.

Kejujuran juga akan berkata dan juga kalau menulis merujuk kepada apa yang dia ketahui saja. Dia berkata adalah hanya apa yang dia ketahui saja, tidak berkata apa yang tidak dia ketahui. Kalau dia berkata sesuatu yang tidak diketahuinya akan dinyatakannya dengan kata “kemungkinan”. Atau “mudah-mudahan di lain waktu bisa ada keterangan yang lebih akurat”.

Berkata dan menulis jujur juga selalu jujur apabila memang dia tidak tahu, tidak pernah pura-pura tahu, karena dia yakin berkata mengarang-ngarang akan menyebabkan menjadi orang yang tidak konsisten. Dan kebohongan atau ketidak jujuran akan menyebabkan sukar untuk dikoreksi dan kita terus bertahan pada kebohongan-kebohongan.

Jadi saya ingin menasehatkan berkatalah jujur, jika tidak tahu katakanlah apa adanya, jangan mengarang-karang cerita yang kita tidak yakin akan kesahihannya. Orang lain tidak akan menganggap kita bodoh karena kejujuran kita menyebutkan bahwa tidak tahu suatu masalah.

Hal yang akan terjadi dari suatu kejujuran pernyataan akan ketidak tahuan adalah akan memotivasi diri kita untuk belajar untuk tahu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s