Tanggal Kelahiran

Lahir nun jauh di kampung dari lingkungan petani adalah suatu nasib, artinya tidak perlu tidak setuju, bahkan perlu disyukuri misalnya karena lahir di tempat yang jauh dari polusi. Saat itu tahun 1940-an di seluruh kampung tidak ada seorang pun orang tua yang mencatatkan tanggal kelahiran anaknya. Itulah bagian dari nasib itu pula saya tidak memiliki tanggal kelahiran yang sesungguhnya. Adapun tanggal yang aku miliki sebagai tanggal dilahirkan adalah perkiraan saja berdasarkan cerita Ibu saya, dan tanggal itulah yang menjadi pegangan selanjutnya. Tanggal yang berlaku sekarang itu diresmikan ketika harus memiliki akte kelahiran kalau tidak salah saat itu dibuatkan akte kelahiran untuk perlengkapan mendapatkan ijazah SMP jadi sekitar tahun 1961.Belakangan ketika diurut berdasarkan tahun ijazah kelulusan sekolah dasar, saya berkesimpulan bahwa perkiraan tanggal kelahiran yang saya buat adalah jauh dari betulnya. Jadi perkiraan tanggal yang saya buat itu menunjukkan bahwa ketika saya memasuki SD usia saya sudah 9 tahun. Sepertinya tidak mungkin, karena memasuki SR (sebutan untuk SD) umur harus sekitar 7 tahun. Jadi perkiraan tanggal lahir yang lebih mendekati adalah tahun 1948 bukan tahun 1946 seperti yang saya perkirakan. Ini bagian dari nasib juga dan dampaknya adalah ke usia pensiun dari pekerjaan.

Leave a Reply

