Menyambut Haji

Menyambut haji dimaksud adalah mengucapkan selamat datang dan turut bergembira atas keberhasilan dan keselamatan setelah menjalankan ibadah haji. Meskipun tidak pernah mendengar ketentuannya harus menyambut mereka yang telah menjalankan ibadah suci tapi semua orang sepakat bahwa itu adalah hal yang baik. Mungkin karena ibadah haji dianggap ibadah yang sulit maka apabila selamat kembali ke tanah air adalah suatu prestasi yang harus disukuri dan diselamatkan.

Bukan hanya menyambut ketika datang, ketika pemberangkatan pun lebih-lebih lagi diselamat jalankan, , diadakan pengajian untuk mendoakannya, bahkan sekalian diadakan ceramah seputar haji. Tentu saja dari satu sisi banyak kebaikkan terutama kebiasaan baik bersilaturahmi dan saling mendoakan. Tapi disisi lain hal ini tentu menambah kerepotan tuan rumah yang akan melakukan ibadah haji yang persiapannya bukan lumayan maklum akan berangkat meninggalkan keluarganya pergi untuk dua minggu sampai satu bulan lebih.
Ketika jemaah haji berangkat banyak yang memberikan bekal dan segala keperluan baik makanan kering maupun pakaian termasuk kerudung. Dan saat menyambut haji dan hajjah, adalah saatnya jamaah haji baru menghadiahi pengunjung yang menyambut dengan membagi oleh-oleh. Ini juga tentu saja akan merepotkan si jamaah haji karena harus mempersiapkan segalanya.

Ditulis 141209

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s