Olah Raga Jalan Kaki

Ada beberapa alasan mengapa belakangan ini saya menggiatkan dan memilih olah raga berjalan kaki yaitu dalam rangka memelihara kebugaran hususnya memelihara kesehatan jantung.

Pertama olah raga yang paling mudah dan gratis adalah jalan kaki, hampir-hampir gratis mungkin yang jadi masalah adalah harus memiliki sepatu olah raga yang memadai untuk berjalan kaki.

Kedua, dokter jantung yaitu dokter Angke menganjurkan olah raga yang terbaik untuk memelihara jantung adalah renang, jika tidak renang maka berjalan kaki. Naik sepeda sepertinya diprioritas keduakan oleh beliau.

Ketiga, memang mungkin lebih baik jika berlari, tapi pada usia tua ini 63 tahun saya sudah tidak kuat lagi untuk berlari sepelan apapun.

Keempat, berjalan kaki memang sudah menjadi tradisi saya sejak masih sekolah SD dan SMP bahkan seusia SMA masih terus berjalan kaki.

Kelima, saya mengejar target, per hari berjalan 10.000 langkah itu kira-kira setara berjalan terus selama 80 – 100 menit. Target ini didapat dari salah satu iklan dimana setiap hari dianjurkan untuk melangkah 10.000 langkah untuk memelihara tulang sehat. Meski sejauh ini target tersebut belum tercapai, karena keburu segala terasa, maklum.

Jika ada yang bertanya adakah terasa perubahan atau merasa lebih bugar atau merasa jantungnya lebih sehat? terus terang belum. Memang ini bukan memperbaiki jantung tapi semacam pemeliharaan agar tidak semakin buruk. Mengapa dengan jantung saya? Kan jantung saya sudah dua kali dikateterisasi yaitu pertamasepuluh tahun yang lalu dan kedua tahun 2009 baru-baru ini.

(Ditulis tanggal 7 Desember 2009)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s