Meminta atau Bersyukur

Dalam kehidupan ini kita mengalami suka dan duka, senang dan susah, melimpah rezeki dan kekurangan, terus masih banyak pasangan-pasangan ini. Kejadiannya silih berganti kadang di bawah, sesekali di atas. Wajar itu selama kita masih hidup masih diberi umur oleh Yang Maha Kuasa. Secara standar dalam beragama, barangkali dalam semua agama kita dianjurkan untuk berdoa, berdoa ini bisa meminta, bisa berterima kasih, bahkan bersyukur.

Berusaha, berupaya, atau bekerja adalah yang paling utama. Jangan berhenti dari berusaha ini jika gagal yang satu mulai lagi yang lain, jangan sekali-kali putus asa, dan sekali lagi jangan berhenti, apalagi menyerah. Terus lakukan usaha dan upaya. Ini sebetulnya dalam menapaki kehidupan yang paling penting itu.

Berdoa dalam makna meminta kepada Allah SWT adalah dalam artian menunjukkan ketawakalan, kepasrahan, sebab dalam berusaha selalu ada bahkan suatu keniscayaan keberhasilan atau kegagalan. Nah dalam hal ini kepasrahan dan tawakal dan kesadaran kepadaNya jika menemui kegagalan. Meminta itu sama dengan menggantungkan cita-cita, atau meletakkan harap, dan sekaligus memasang target.

Bersyukur adalah menerima apa yang telah kita terima, banyak sekali yang harus disyukuri, jangan melihat kekurangannya saja atau ketidak berhasilannya saja tapi sekali lagi syukuri apa yang telah kita dapatkan. Bersyukur karena kesehatan, bersyukur karena tidak ditimpakan kesusahan, bersyukur anak-anak masih bisa membahagiakan. Karena kalau mau dihitung kita itu seyogianya lebih banyak harus bersyukur dari pada terus meminta atas segala kekurangan yang kita rasakan.

Akhirnya alih-alih banyak meminta kepada Tuhan dalam artian sekedar berkeluh kesah, tidak seperti yang diuraikan di atas bahwa “meminta” yang bermakna meletakkan cita-cita, sebaiknya bersyukurlah dan berterima kasihlah kepada Allah SWT. Karena sekali lagi lebih banyak yang harus disyukuri dari pada yang harus diminta.

(Ditulis tanggal 7 Desember 2009)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s