Dukuh Kiriman

Dukuh adalah jenis buah-buahan, biasanya yang paling terkenal adalah dukuh Palembang. Sepertinya kalau dukuh Palembang itu rasanya manis betul, ukurannya besar dan kulitnya putih bersih menarik. Tadi di pasar pagi, pasar dadakan hari Minggu di  Metro banyak mulai kelihatan dukuh dijual, sebagian pedagang sedang membuka dukuh dari kemasannya didalam peti kecil dari kayu.

Saya hanya melihat, belum mau membeli, habis pasti masih mahal, kata istri saya harganya p 13.000 per Kg, juga istri saya belum membeli masih wait and see. Tapi sepertinya sudah mau nyicip dukuh musim tahun ini. Tapi tak apa belum membeli karena di rumah ada buah-buahan lain yaitu mangga, papaya, dan pisang.

Sampai ahirnya saya tertidur, biasa tidur sekitar jam 09:00 pagi. Sudah tua apalagi tak ada pekerjaan rutin karena pensiunan jadinya waktu tidur tidak lagi mengikuti lajimnya waktu tidur selagi masih muda. Sembarang mau saja, kapanpun, dimanapun, jika kantuk menyerang langsung cari tempat yang memungkinkan dan..tidur deh.

Baru juga setengah jam terlelap, ternyata telepun berbunyi rasanya keras sekali, istri saya segera mengangkatnya, ternyata telepun dari tetangga, katanya mau mengirim dukuh. Suaminya  sering pulang pergi Jakarta Palembang urusan pekerjaannya. Jadi tak salah lagi pasti dukuh dari Palembang, seperti yang saya dan istri saya maui sebelum tidur siang itu.

Ternyata betul dukuh Palembang yang kulitnya putih bersih isinya besar-besar, rasanya manis. Ada tambahannya yaitu tetangga mengirim dukuhnya banyak sekali mungkin sekitar 3 kilogram,  jadi dimakan berdua tidak habis sekaligus. Terima kasih, rezeki yang tidak terduga bukan?

(Ditulis 6 Desember 2009)

Leave a Reply

