Pertunjukkan Hiburan

Asal mulanya begini, kakak ipar saya meminta saya untuk melakukan tembang Sunda pada saat acara nyawer di pernikahan cucunya, sejak itu saya oleh saudara dari istri saya dianggap bias nembang Sunda. Belakangan saya diminta menyanyikan lagu-lagu pupuh dalam suatu acara ulang tahun kakak ipar saya tersebut, dan tentu saja secara “apa adanya” saya menyanyikannya.

Pada tanggal 27 Desember 2009 akan ada acara ultah Ua Endang di Jatinangor, dan oleh kakak ipar saya yang perempuan saya disuruh ngahariring lagu pupuh lagi. Saya sih ok saja, bukan masalah besar, kan cuma bernyanyi saja apa susahnya untuk yang mengeluarkan suara? hanya barangkali yang jadi masalah adalah pendengarnya suka atau tidak. Saya sudah setuju untuk bernyanyi, malahan mau biar rada “ramai” mau memakai ikat kepala Sunda namanya iket.

Ternyata istri saya total tidak setuju, saya tidak mengerti, mengapa hanya sekedar begitu istri saya tidak setuju. Bukankah suatu kebaikkan kalau saya ikut menyumbangkan sesuatu untuk “menghibur” saudaranya. Tapi memang begitu saya juga harus mundur, beda cara melihat, kaca mata yang dipakai berlainan, dan demi kedamaian dan kerukunan dengan istri, saya mengundurkan diri.

Banyak yang bisa dibahas, tapi buat apa? Saya juga tidak akan tiba-tiba menjadi bergaya atau menjadi orang yang luar biasa andai kata melanjutkan menulis tentang istri saya. Bukankah hidup ini selalu damai karena masing-masing bisa mengendalikan diri? Barangkali termasuk dalam menulis, yang tulisannya juga entah akan dibaca oleh siapa? Dan disamping itu saya sendiri kalau menulis sesuatu dapat melibatkan emosi sendiri dalam artian suka ikut marah, sakit hati, bahkan menangis.

Jadi meski masih banyak kata dan kalimat dalam tulisan ini, saya setop saja sampai di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s