Kakek dan Nenek Jujurlah Terhadap Cucu!

Semua kakek dan nenek sayang terhadap cucunya, itu tidak bias dipungkiri. Malahan saya menyebutnya sebagai naluriah, insting, cenderungnya, dan lumrahnya. Jadi jika ada nenek dan kakek tidak merasa sayang atau kasih kepada cucunya adalah patut untuk dipertanyakan status kenenekkan dan kekakekannya. Di mana-mana kalau seorang nenek atu kakek berjalan atau jalan-jalan dengan seseorang yang tidak pantas sebagai anaknya kebanyakan pasti dengan cucunya.

Karena kasih sayang demikian besarnya, sehingga nenek atau kakek berperan sebagai pengganti bapak dan ibunya. Kalau saya berpendapat anak-anak harus tinggal bersama orang tuanya, yang mendidik adalah orang tuanya, Sedangkan kakek dan nenek hanya numpang sayang saja. Memang iya dengan alasan perekonomian keluarga terpaksa si cucu dititipkan kepada kakek dan neneknya tapi tetap kewajiban mendidik terletak pada kedua orang tuanya.

Kasih sayang kakek dan nenek kepada cucu-cucunya jangan sampai merongrong atau merecoki atau mendikte kedua orang tuanya. Sehingga sampai mengatur acara privasi atas kehidupannya dalam membesarkan anak-anaknya. Sebetulnya kasih sayang kakek neneknya bukan keperluan si cucu akan tetapi keperluan si kakek dan neneknya sendiri. Kasih sayang itu kan membawa naluri saja, dalam rangka pemuasan naluri tersebut yaitu terjadilah kasih sayang tersebut. Jadi kasih sayang itu sebetulnya untuk kebahagiaan kakek dan neneknya sendiri. Mungkin hamper tidak ada gunanya bagi si cucu.

Barangkali baru bias take and give ketika karena salah satu halo rang tuanya tidak mampu membesarkan anak-anaknya, baru kakek dan neneknya berfungsi. Jadi saya ingin menegaskan bahwa jangan menjadi sok ngatur anak dan cucunya secara berlebihan. Alih-alih mau mendidik padahal sebetulnya sedang menjalankan naluri kemanusiaannya yang secara lumrah siapapun bias (ups, saya berlebihan ya?)

Ternyata untuk menyelesaikan tulisan ini saya merasa kehabisan ide, karena sudah beberapa judul saya tulis dengan tema yang sama yaitu kasih sayang  grandparent terhada grandson

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s