Jalan Pikiran yang Sulit Dinyatakan

Dalam pikiran kita kadang-kadang ada suatu pendapat atas suatu peristiwa yang telah terjadi. Tapi pendapat itu sukar dinyatakan baik dengan tulisan maupun dengan diucapkan. Atas kejadian ini jadi timbul suatu pertanyaan, apakah keterbatasan cara berpikir saya yang tidak pernah mendapatkan pendidikan khusus mengenai jalan pemikiran? Apakah ada pelajaran atau mata kuliah atau pendidikan husus mengenai pemikiran? Apakah ini dipelajari di filsafat?
Selanjutnya pertanyaan jadi meluas, apakah ada orang lain yang berpikiran seperti saya? Apakah datangnya perasaan dan pemikiran begitu karena saya selalu ingin berlatih menulis? Maksudnya kalau orang lain tidak memandang perlu mempersoalkan pendapat apakah bisa ditulis atau tidak?
Lebih meluas lagi, bagaimana cara mempelajari jalan pikiran? Wah pertanyaan tak ada selesainya. Sehingga saya berpendapat apakah saya berlebihan? Entahlah pernyataan ini juga kadang-kadang membingungkan.

Leave a Reply

