Menjadi "Pengemudi Robot"

Menjadi pengemudi kendaraan pribadi di dalam kota dengan banyak penumpang tidak selamanya nyaman, karena banyak penunjuk jalan yang kadang masing-masing berpendapat beda. Tidak usah berpenumpang banyak, dengan istri sendiri pun kadang urusan jalan mana atau belok ke mana pun kerap menjadi pertengkaran kecil. Ini yang saya sebut, menjadi pengemudi yang tidak nyaman.

Saya, ini perasaan saya, selalu menghindar dari pertengkaran yang tidak perlu termasuk dengan istri. Sebelum berangkat saya selalu berbicara dulu dengannyai, jalan mana yang mau ditempuh, daerah mana yang ingin dihindari agar tidak terjebak dari macetnya lalu lintas. Itulah supaya mengemudi nyaman dan tidak stres. Tapi itu cara saya, tentu saja tidak semua suami, suka konsultasi dengan istrinya masalah jalan yang akan ditempuh.

Pada suatu hari saya dengan istri sudah sepakat untuk kemungkinan mengantar kakak saya berobat ke RS yang berada di sekitar Stasiun kereta api Bandung. Itu memang perlu rencana memilih jalan yang akan ditempuh sekali lagi agar terhindar dari kemacetan. Dan itu saya dan istri sudah sepakat jalan yang akan ditempuh.

Pada saatnya saya mengantar penderita menuju Rumah Sakit tersebut, diantar juga oleh suami kakak saya, ternyata beliau mempunyai jalan yang berbeda dengan yang telah disepakati antara saya dan istri. Karena tradisi timur dimana tidak boleh “berani” terhadap kakak, apa lagi ini kakak terbesar, saya betul-betul menjadi supir robot yang menutut perintah operator dalam hal ini suami kakak saya tersebut.

Demi menjaga keharmonisan hubungan kekeluargaan maka menjaga jangan sampai berbeda pendapat dengan kakak harus ikhlas menjadi supir robot, merasa tertekankah saya? saya ingin terua terang menjawab tidak, masa hal kecil saja menjadi stres.

Leave a Reply

