Bapak yang Merindukan Anak-anaknya

Jika saya dalam sekira satu minggu tidak mendapatkan berita dari anak atau cucu, saya akan mulai gelisah. Mengapa? tidak tahu, apakah ini suatu kerinduan terhadap anak dan cucu yang berlebihan? Juga tidak tahu. Tapi begitulah saya sejak dari dulu.

Kalau sudah lewat satu minggu tidak ada berita, balik saya yang menghubungi mereka lewat telpun. Hanya sudah mendengar suaranya saja, atau hanya sekedar menyebutkan “tidak apa-apa, sehat saja” saya sudah merasa tenang, bahkan tentram.

Kembali ke masa dahulu ketika ketiga anak masih kumpul bersama dalam satu rumah, jika mereka sore atau malam hari sudah ada ditengah rumah dan berkumpul saya merasa senang, dan juga tentram. Saya merasa bahagia kalau sore hari mereka sudah kumpul lalu turun hujan, berarti mereka tidak akan jauh, pasti ada di rumah saya pun merasa makin tenang.

Saya sangat bahagia kalau anak-anak tidur satu kamar satu tempat tidur, saya suka cepat tidur lelap karena merasa anak-anak sudah kelihatan berada disekitar saya. Meski mereka gaduh dan main-main kadang sampai menghimpit saya, saya senang saja dan tidur malahan semakin nyenyak karena ketenangan batin saya.

Sekarang ketika mereka sudah pada pindah rumah, sudah berkeluarga, jelasnya sudah brpisah, saya selalu merindukannya, saya merasa kesepian. saya sedang menulis ini disertai linangan air mata, karena rindu mereka. Rindu terhadap anak dan cucu. Apa yang salah dengan saya atau salahkah saya jika merindukan untuk bertemu dengan mereka?

Kerinduan dan kegelisahan akan semakin apabila ada diantara mereka ada yang sedang mendapatkan kesulitan, baik kesulitan mendapatkan pekerjaan atau kesulitan keuangan. Mengapa saya selalu menghawatirkan mereka, padahal mereka sudah besar dan sudah pada mandiri.

Sekali lagi salahkah saya jika merindukan mereka?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s