10 Ribu Langkah per Hari

Sudah hampir satu bulan saya mencoba mempraktekkan berjalan kaki dengan target 10.000 langkah. Hal ini saya lakukan untuk menguji kemampuan saya dalam berjalan kaki, dan keduanya saya ingin berolah raga dengan cara murah dan insya Allah kuat.

Sebentar kok saya rasanya belum sampai sasaran menerangkannya, begini, asal mulanya saya melihat iklan di TV bahwa untuk melawan osteoporosis harus – disamping minum susu merk tertentu – melangkah 10.000 langkah per hari.

Barangkali iya saya kadung, sudah tua begini, sudah 63 tahun, tapi saya ingin memampaatkan jalan kaki dengan porsi yang memadai dalam rangka memelihara jantung saya. Saya belum menemukan cara olah raga rutin untuk memelihara sekali lagi jantung saya yang telah mengalami kateterisasi jantung yang disebabkan oleh jantung koroner sebanyak dua kali.

Akan tetapi target 10 ribu langkah itu ternyata berat bahkan ketika pertamakali mempraktekkan saya menyatakan – kepada istri saya – bahwa itu adalah suatu hal yang tidak mungkin. Meski begitu saya terus mengejar target tersebut. Mula-mula dengan membawa counter manual jang berbunyi “clek, clek, clek!”. Dan saya hanya kuat 3.000 langkah, masih jauh bukan?

Saya tidak putus asa, saya dengan mula-mula berjalan menelusuri jalan-jalan di kompleks perumahan ternyata baru mencapai 4.000 langkah dengan waktu sekitar 3/4 jam dan dilanjutkan melangkah ke luar perumahan. Terus setiap hari saya berlatih, lama kelamaan saya sedikit demi sedikit mendekati target tersebut.

Hari ini tanggal 10 Nopember 2009 saya berhasil mencapai target 9.200 langkah dalam waktu satu setengah jam. badan terasa luluh lantak karena itu baru pertamakalinya berjalan kaki sejauh dan selama itu. Kalau orang lain bisa, mengapa saya tidak,  sedikit demi sedikit saya akan mencapai target 10.000 langkah.

Perkiraan sementara bahwa 10.000 langkah bisa dicapai dalam 100 – 120 menit. Mudah-mudahan bisa tercapai dan nanti akan dijadikan olah raga rutin sebagai pegangan.

Leave a Reply

