Kesimpulan Sementara, Belum Ada Aliran Dana ke Bibit-Chandra

Sabtu, 7 November 2009 | 23:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Dari seluruh rangkaian pemeriksaan dan gelar perkara yang dilaksanakan, Tim Delapan belum menemukan adanya aliran dana langsung yang diterima oleh Bibit dan Chandra.

“Dari keterangan Anggodo dan Edi Soemarsono, semuanya memang sama bisa menunjuk (aliran dana) kepada Ary Muladi. Tapi, Ary Muladi ke tersangka Bibit dan Chandra itu belum ada,” kata ketua Tim Delapan Adnan Buyung Nasution di kantor Wantimpres, Jakara, Sabtu (7/11).

Terkait nama Anggodo, Ary Muladi dan Edi Soemarsono, Buyung mengatakan bahwa Tim Delapan akan bersikap waspada dalam menerima keterangan mereka. Apalagi,  mereka disinyalir sebagiannya adalah mafia kasus atau ‘markus’.

“Kita tahu bahwa sebagian orang-orang dari dia itu adalah markus yah, yakni mafia markus. Makanya kita harus berhati-hati dalam mengambil keterangan mereka. Orang-orang itu kan latar belakangnya markus semua,” ujar Buyung.

Terkait pemeriksaan mantan ketua KPK Antasari Azhar, Tim Delapan melihat ada pernyataan yang berbeda antara Antasari dan pihak kepolisian soal latar belakang Bibit dan Chandra bisa diperiksa. Padahal saat penyampaian testimoni dan pembuatan laporan di kepolisian, Antasari posisinya adalah seorang tahanan.

“Dia belum selesai diperiksa. Yang belum selesai yakni bagaimana asal-muasal bagaimana pemeriksaan kepada orang-orang KPK ini. Sebab dia ini kan ditangkap dan ditahan karena urusan pembunuhan, ko bisa swicth ke masalah ini. Bagaimana ini, ko keterangan polisi beda keterangan Antasari beda,” ungkap Buyung.

Terkait hal ini, Tim Delapan akan mengusut lebih dalam dengan memeriksa Antasari pada pemeriksaan lanjutan, Minggu (8/11) pukul 13.00 WIB. (Persda Network/CR2)

Editor: acandra
kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s