Gelar Perkara 3,5 Jam Masih Sisakan Pertanyaan

Sabtu, 7 November 2009 | 23:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Gelar perkara Bibit Samad Rianto-Chandra M Hamzah oleh Tim Delapan telah selesai dan memakan waktu 3,5 jam, Sabtu (7/11) di kantor Wantimpres, Jakarta. Usai gelar perkara, anggota Tim Delapan, Anies Baswedan dalam jumpa pers mengatakan hingga gelar perkara selesai pukul 23.00, ada pertanyaan fundamental yang belum terjawab. “Aliran dana dari Anggoro ke Ary Muladi kita sudah mendapat penjelasan yang sangat lengkap. Tetapi aliran dana sesudah itu kemana dan siapa, itu kita masih banyak pertanyaan,” kata Anies.

Menurut Anies, bagaimana uang itu bisa diberikan oleh Ary kepada pimpinan KPK masih banyak menggunakan petunjuk. “Misalnya Ary Muladi mengklaim bahwa uangnya diterima pimpinan KPK hanya karena mobil mereka berada dalam satu gedung. Jadi masih menggunakan petunjuk bukan fakta,” kata Rektor Universitas Paramadina ini.

Besok, lanjut Anies, Tim Delapan akan mendiskusikan kesimpulan konklusif paling tidak untuk sementara. “Besok kita akan memanggil Antasari Azhar, kita rundingkan secara lebih mendalam. Mudah-mudahan kita bisa mendapat preliminary assessment atas kasus ini,” ujarnya.

Ditanya apakah jaksa nanti akan buru-buru menetapkan P21 setelah pertemuan dengan Tim Delapan, Anies menjawab ada jaksa dalam gelar perkara Bibit-Chandra. “Mereka mengtatakan akan mereview apa yang sudah disampaikan,” katanya.

Soal P21, Ketua Tim Delapan Adnan Buyung Nasution mengatakan justru segala masukan yang mereka dengar dan saksikan akan menjadi bahan para jaksa untuk meneliti lebih lanjut. “Sehingga mereka tidak tergesa-gesa membuat P21 dan betul-betul teliti,” katanya.

HIN

Editor: made

kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s