Arbi Sanit: Pantas DPR Bela Polisi, Mereka Paralel

Jum’at, 06 November 2009 | 10:22 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta – Pengamat Politik yang juga Dosen Fakultas Ilmu Politik dan Ilmu Sosial Universitas Indonesia, Arbi Sanit menilai, dukungan yang diberikan DPR terhadap kepolisian pantas-pantas saja. Alasannya, DPR dan Kepolisian berjalan secara paralel.

Hal itu dikemukakan Arbi menanggapi dukungan DPR terhadap kepolisian yang terungkap dalam rapat dengar pendapat Polri dan DPR semalam mengenai kisruh antara Komisi Pemberantasan Korupsi dan Polri sebelum dan setelah penahanan dua pimpinan non aktif KPK, Bibit Samad dan Chandra Hamzah.

”DPR sudah pecah duluan, tidak bulat. Antara KPK dan polisi, jelas mereka (DPR) memilih membela polisi. Ya pantas karena di sana banyak kasus korupsi. Keduanya juga, Polisi dan DPR itu paralel,” kata Arbi saat dihubungi, Jumat (6/11).

Ia juga mengatakan, dukungan itu menimbulkan kesan bahwa DPR ingin agar KPK juga ikut ‘loyo’ dalam usahanya memberantas korupsi. Sebaliknya, kepolisian lebih cenderung memilih ‘panggung’ di Senayan karena mereka tahu dukungan itu akan diperoleh polisi di DPR.

“Polisi jelas akan memanfaatkan panggung DPR. Sebab kalau panggung KPK kan sudah banyak dimana-mana. Sementara polisi tidak ada yang bela. Akhirnya mereka cenderung memilih DPR dan memanfaatkan dukungan dari sana,” kata Arbi menandaskan.

Seperti diketahui, semalam, Kamis (5/11) berlangsung dengar pendapat antara Komisi III DPR dan Polri yang diwakili Kapolri Jenderal Bambang Hendrso Danuri dan Kabareskrim Komjen Susno Duadji. Dalam pertemuan itu, beberapa fraksi di Komisi III menyatakan dukungannya terhadap kepolisian dalam kisruh dengan KPK.

HAYATI MAULANA NUR

tempointeraktif.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s