Terasa Semakin Renta

Ini tanggal 1 Nopember 2009, hari Minggu istimewakah hari ini? tidak juga. Hanya umur memang terus bertambah jumlahnya, saat demi saat, waktu demi waktu suka atau pun tidak. Yang sudah berumur seperti saya (63) rasanya perubahan fisik menjadi manula cepat sekali. Kelihatan kalau bercermin, kulit semakin keriput dan beberapa kemampuan, yang nampak, fisik dulu secara drastis banyak yang berkurang.

Kemarin saya mengantar istri, saudara ipar (kakak istri), dan seorang ibu temannya istri ke tempat pengajian. Pengajian tersebut adalah syukuran keberangkatan ibadah haji salah seorang kenalan yang tinggal di kompleks perumahan.

Saya tidak akan menceritakan pengajian itu, karena tidak hadir. Saya hanya ingin menceritakan perasaan dan penglihatan saya ketika menurunkan mereka di tempat pengajian. Saya menurunkan tiga nenek, yang rasanya baru kemarin kalau saya mengantarkan kemana mereka kelihatan masih muda. Sekarang saya sekali lagi menurunkan nenek-nenek yang sudah pasti sudah tua. Saya melihat diri pun sudah tua, sudah kakek-kakek, yang kebetulan masih mampu mengendalikan mobil.

Dahulu saya kalau mengantarkan nenek-nenek itu adalah mengantarkan ibu mertua. Sekarang ketuaan itu telah menimpa diri kami, yang disebut nenek-nenek dan kakek-kakek itu adalah kami, diri saya, istri, kakak, dan teman istri saya itu. Begitu cepatnya penghidupan ini bersiklus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s