Menghapal Kata dan Kalimat

Dahulu selagi muda saya biasa menghapal sajak misalnya, caranya selalu pergi ke tempat sepi, di tepi kolam, di surau, di atas pohon, terus kata dan kalimat dihapal baris demi baris, ahirnya bisa dilapalkan dan diucapkan sambil tidak melihat catatan. Cara itu cukup berhasil, misalnya sajaknya Chairil Anwar, sampai sekarang masih bisa.

Terus juga menghapal surat-surat pendek ayat-ayat Al Quran, begitu caranya seperti menghapal sajak, berulang-ulang dibaca, bahkan bukan hanya berulang-ulang, bisa ratusan kali dibaca. Akhirnya terus nempel ingat. Meski khususnya ayat Al Quran ini, seyogianya dihapal juga lagunya atau tajwijnya, harusnya juga maknanya, tetapi yang terakhir saya tidak menghapalnya. Suatu kesalahan dari awal!

Ketika usia saya sudah 63 tahun, juga saya coba menghapal kata sambutan yang rencana akan saya sampaikan pada acara penerimaan seserahan di tempat saudara yang akan menikah. Ternyata cara menghapal dengan menyingkir ke tempat sepi untuk menghapal kata demi kata masih cukup efektif. Ternyata saya masih mampu menghapal, bersyukur dan terimakasih kepada Tuhan Allah SWT. Mengapa saya menghapal kata-kata dalam pidato? karena ini bahasa Sunda, yang menggunakan kata-kata yang tidak lagi lazim dipakai.

Saya ingin koreksi tempat sepi itu rasanya di Bandung saat ini sudah tidak ada, tapi saya menyesuaikan diri yaitu di tempat ramai, di Metro Trade Center (tempat ramai sekali bukan!) sambil menunggu istri saya belanja, saya menghapal puluhan kali, semoga pada saatnya bisa dan saya dalam keadaan sehat.

Dan kemudian pada saatnya saya berhasil hapal di luar kepala. Saya sekali lagi bersyukur untuk itu.

Leave a Reply

