Mesjid Agung Sumedang, ala surau

Zaman dahulu, sebut tahun 1950-an masih kelihatan di pedesaan Jawa Barat, mungkin juga di tempat lain, mushollah (masjid kecil) atau surau, tajug (Sunda) dibangun di atas kolam. Jalan menuju tajug tersebut terbuat dari pijakan-pijakan batu yang terendam air. Maksudnya agar yang mau menggunakan surau tersebut sekalian mencuci kaki, bahkan juga sekalian berwudlu. Demikian juga jika surau atau masjidnya dibangun tidak di atas kolam, maksudnya di darat, di depan masuk ke pintu masjid selalu ada kolam dangkal, agar jamaah yang akan masuk ke masjid lewat kolam dangkal tersebut. Tiada lain agar bisa bahkan harus mencuci kaki dulu.

Sekeliling Masjid DipagarMengapa mencuci kaki demikian perlu sampai disediakan tempatnya dengan kolam dangkal, karena jaman dulu kebanyakan orang tidak memakai alas kaki, alias nyeker, tentu saja kaki kotor akibat nyeker tidak boleh masuk masjid atau surau. Maka disediakanlah kolam dangkal tersebut, tida lain maksudnya sekali lagi untuk mencuci kaki mereka yang nyeker.

Dizaman sekarang, di tengah kota, dimana tidak ada lagi orang yang tidak beralas kaki alias nyeker, masih ada Masjid Agungn yang  berkonsep ala surau yaitu Masjid Agung kota Sumedang Jawa Barat.

Karena Masjid Agung tersebut demikian luasnya dan tentunya jalan masuk ke masjid tersebut demikian terbuka, adalah tidak mungkin sekeliling masjid dibuatkan kolam dangkal, maka barangkali diputuskan sekeliling masjid dipagar.

Pintu masuk mesjid Lewat kolam dangkal Dari pintu mana jamaah yang akan sholat masuknya? ternyata diarahkan melalui pintu yang sebelum masuk masjid, harus melewati kolam dangkal yang disediakan. Tentu agar jamaah mencuci kaki dulu.

Sepertinya biarkan begitu, jangan dirubah sebab kita punya sejarah, punya budaya, punya kenangan, yang bisa dimaknai beribu arti, ada yang bisa dibicarakan, ada bahan untuk didongengkan, dan ada yang bisa ditulis di blog ini. Wassalam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s