KA Rencang Geulis

KA Rencang Geulis

KA Rencang Geulis

Saya selalu telat dalam mengikuti perkeretaapian, padahal saya suka dengan yang namanya KA. Ketika datang ke Stasiun KA Bandung, tiba-tiba di depan mata lewat rangkaian KA yang baru yaitu KA “RENCANG GEULIS”. Merasa terkejut dan langsung mengambil gambarnya.

Rencang adalah bahasa Sunda yang artinya bisa teman atu bisa pembantu. Dan geulis semua tahu artinya cantik, tapi apa dan siapa yang “Rencang Geulis” itu, nanti kalau senggang akan dipaluruh.

Untuk sementara dari hasil Googling inilah beritanya mengenai “RENCANG GEULIS”:

Mulai Hari ini, Kereta Diesel Rencang Geulis Dioperasikan

Rabu, 22 April 2009 | 12:07 WIB

TEMPO Interaktif, BANDUNG:- PT Kereta Api Daerah Operasional 2 Bandung hari ini, Rabu (22/4) mulai mengoperasikan kereta diesel Rencang Geulis. Kereta baru itu melayani penumpang jurusan Padalarang-Cibatu, Garut. Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal ikut meresmikan peluncurannya di stasiun kereta api Bandung.

Menurut Jusman, kereta baru ini semakin memudahkan transportasi warga dari Garut ke Bandung dan sebaliknya. Dia meminta PT Kereta Api terus menjaga kebersihan dan kenyamanan penumpang kereta karena angkutan itu makin diminati masyarakat.

Merujuk pada laporan jumlah penumpang kereta Baraya Geulis, rute Padalarang-Cicalengka, peningkatannya cukup pesat. Pada Januari, kata Jusman, sebanyak 44 ribu orang lalu bertambah menjadi 59 ribu penumpang pada Maret lalu. Dia berharap kereta baru ini pun bisa seperti itu.

Direktur Utama PT Kereta Api Ignasius Jonan mengatakan, kereta Rencang Geulis akan beroperasi dari pukul 5 pagi hingga 8 malam. Sementara ini baru satu kereta yang dioperasikan bolak-balik. Waktu berangkat masing-masing dua kali dalam sehari. Dari Padalarang, kereta Rencang Geulis berangkat pukul 08.30 dan 13.50. Sementara dari Cibatu, Garut, kereta bertolak pukul 05.10 dan 11.15.

Menempuh jarak 72 kilometer dan berhenti di seluruh stasiun, waktu tempuh kereta sekali jalan diperkirakan selama dua jam. Dengan kapasitas penumpang mencapai 650 orang duduk dan berdiri, tiket kereta ditetapkan Rp 12 ribu.

ANWAR SISWADI

Advertisements

One thought on “KA Rencang Geulis

  1. Sebetulnya sejak tahun 2016, PT KAI Daop 2 Bandung sudah tidak menjalankan lagi KRDE Komuter seperti Rencang Geulis, Baraya Geulis dan KRD Patas Bandung Raya non AC. Saya bisa mengerti untuk KRDE Rencang Geulis (Cibatu – Padalarang pp) karena harus melalui jalur tanjakan yang terjal dan bergunung2 di petak Cibatu – Leles – Nagrek sampai Cicalengka walaupun tidak sampai ke Malangbong, Cirahayu yang jalur tanjakannya “gila – gilaan”. Dan sepertinya KA tipe KRD di Indonesia tidak pernah bertahan lama kecuali KRD Prameks, KRD Delta Ekspres / Komuter Susi dan KRD Komuter Sulam. Lha wong KRDE Baraya Geulis rute Cicalengka – Padalarang yang kontur jalannya relatif datar saja sudah tidak kelihatan lagi di Bandung dan sekitarnya. Mau tak mau Masyarakat Bandung Raya harus naik KA Lokal Cibatu kalau mau bepergian ke daerah2 yang berada di jalur tanjakan dan turunan setelah Sta Padalarang ke arah Barat dan Sta Cicalengka ke arah Timur.
    Yah, mau apalagi ya? 😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s