Pembaca Berita Online Maunya Gratis Melulu

Senin, 21 September 2009 | 11:17 WIB

TEMPO Interaktif, London – Hanya satu dari 20 orang atau lima persen yang akan merogoh koceknya ketika di ingin membaca berita online. Hal ini diungkapkan dalam survei yang terbaru.

Tiga perempat dari pembaca, menurut peneliti, akan meninggalkan situs-situs berita yang dimulai dengan pembayaran jika masih ada alternatif informasi yang gratis. Lebih dari 1.000 orang dewasa berusia 16 tahun di Inggris ditanyai oleh Harris Interactive untuk “paidContent:UK”, bagian dari perusahaan Guardian News dan Media Group.

Hanya lima persen dari mereka yang membaca situs gratis minimal sekali sebulan, mengatakan mereka akan tetap menggunakan situs ini walaupun harus mulai membayar. Sedang 74 persen mengatakan, mereka akan mencari alternatif sumber berita yang gratis dan selanjutnya delapan persen mengatakan mereka hanya akan membaca berita utama di website gratis. Lebih dari satu dalam 10 atau 12 persen mengatakan, mereka tidak yakin apa yang akan mereka lakukan.

“Ini tidak terlihat seperti kabar baik untuk membayar model di lingkungan yang kompetitif, dan selama ada alternatif gratis, konsumen akan berpaling dari informasi berita harian, yang berarti kerugian besar dalam hal angka pengunjung,” kata Andrew Freeman, konsultan senior penelitian media di Harris Interactive.

Robert Andrews, editor di “paidContent:UK”, menambahkan: “Dengan iklan online yang berharga murah dan penurunan iklan pada umumnya, tidaklah mengherankan bahwa penerbit memeriksa kembali kelayakan keuangan dari penyediaan berita online.”

“Namun, pertanyaan penerbit harus bertanya pada diri sendiri, apakah 5 persen dari pembaca sudah cukup untuk mengimbangi penurunan pendapatan iklan yang akan datang dengan pengisian untuk konten?” tambah Andrews.

Harris Interactive melakukan survei melalui online kepada 1.188 orang dewasa berusia antara 16 tahun – 64 tahun, antara 26 Agustus – 2 September.

PA| NUR HARYANTO

http://tempointeraktif.com/hg/it/2009/09/21/brk,20090921-198959,id.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s