Ketela Bahan Singkong Keju

Singkong yang digoreng dengan rasa kiju itu, di Bandung disebutnya singkong kiju. Dijajakan mangkal di tepi jalan dengan memakai roda sebagaimana umumnya penjual macam-macam gorengan. Makanan ini dengan harga satu kotak sekitar Rp 5.000 – Rp 10.000 (tergantung besarnya boks), sempat populer di Bandung selama beberapa tahun, sekarang pun masih banyak dicari orang, meski tidak seramai dulu. Singkong yang dipotong-potong pendek, setelah digoreng akan merekah, garing atau kering di luar dan empuk di dalam. Rasanya enak, gurih, apalagi kalau dimakan panas-panas, emmm sekali lagi enak sekali.

Ternyata singkong kiju ini bahannya artinya singkongnya tidak begitu saja dibeli dari pasar tapi para pedagang sudah punya langganan pemasoknya yang menjamin singkong yang prima. Memilih singkong berkualitas untuk membuat singkong kiju adalah gampang-gampang susah. Seringnya kalau membeli dari pasar didapat singkong yang tidak empuk bahkan tidak jarang mendapatkan ketela yang rasanya pahit.

Bahannya harus singkong yang baik

Bahannya harus singkong yang baik

Saya penasaran ingin tahu singkong apa yang digunakan untuk membuat singkong kiju ini. Ahirnya saya sempat mendapatkan singkong dari supplier-nya beberapa kilo, saya ingin tahu ciri-cirinya singkong kualitas terbaik ini. Harganya murah saja sebagaimana di pasar sekitar Rp 3.000 per Kg-nya.
Ciri-cirinya dari singkong tersebut adalah:
– kulit ari bagian luarnya mudah terkelupas
– kulit tebalnya berwarna merah
– kulit singkong sangat mudah dikelupaskan
Kulit singkong berwarna merah

Kulit singkong berwarna merah

– daging singkongnya berwarna putih bersih
– ini penting, rasanya tidak pahit, sebab kalau rasa mentahnya sudah pahit, jangan dilanjutkan. Dibuat makanan apapun akan tetap pahit.

Lihat setelah singkong dikukus, tandanya warnanya putih bersih, dikukus sebentar saja sudah masak, kemudian akan merekah. Teksturnya empuk dan pulen. Rasanya gurih, legit, dan agak manis
CIMG2779 Singkong seupan

3 thoughts on “Ketela Bahan Singkong Keju

  1. Pingback: 2010 in review | Sepanjang Jalan Kehidupan

  2. Menarik ulasan anda ttg singkong, kalau tdk keberatan bisakah anda beri alamat supllier singkong tsb kpd saya?
    Terima kasih

  3. Is-Zul, maaf saya tidak bisa memberikan alamat si pedagang singkong tersebut, ketika itu hanya kebetulan saja lewat, terima kasih sudah berkomentar, wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s