Seleksi Penerimaan CPNS, Kartu Kuning

Ade, 1974Kalau berhubungan dengan “Tenaga Kerja” kemudian menyebutkan Kartu Kuning, semua orang minimum pencari kerja sudah faham dan tahu apa itu Kartu kuning. Sebetulnya namanya Kartu Tanda Pencari Kerja.

Tahun 1976, 33 tahun yang lalu ketika saya – yang sekarang sudah menjadi aki-aki – sedang berburu pekerjaan di Kalimantan Timur, juga persyaratannya harus membuat Kartu Kuning. Saat ini saya, yang tidak pantas lagi mencari kartu kuning untuk pribadi, membantu anak bungsu saya, mendapatkan kartu kuning tersebut. Karena si bungsu bekerja di ibu kota, sedang kesempatan untuk menguruskan pada hari kerja adalah tidak mungkin, maka dari itu saya mencoba menolongnya.

Domisili saya di Bandung, di Kota Bandung (jangan lagi menyebut Kotamadya Bandung, sekarang menyebutnya harus Kota Bandung). Pikiran saya masih ke 33 tahun yang lalu bahwa letak kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung di jalan Naripan. Saya salah, Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung tidak berada lagi di jalan Naripan, akan tetapi pindah ke jalan Lingkar Selatan, dekat Hotel Horison, dekat gedung yang juga kuning yaitu gedung partai politik Golkar.

Letak gedung Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung ini tersembunyi di belakang sebuah hotel (nama hotelnya saya lupa). Mestinya atau maunya saya, kantor atau gedung Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung ini berada di pinggir jalan, mudah dicari, harus megah dan hebat. Maaf itu hanya kemauan saya pribadi tak usah dipikirkan.

Ternyata, sekali lagi ternyata, untuk membuat Kartu Kuning ini kalau alamat gedungnya sudah ketemu, mudah sekali. Syaratnya foto copy ijazah terakhir, foto copy KTP, dan sebuah foto berwarna ukuran 4 x 6. Beberapa saat saja tak sampai 1 jam Kartu Kuning sudah selesai. Berlaku untuk masa 2 tahun dan setiap 6 bulan harus melapor.

Hanya karena perlu legalisir foto copy kartu kuning yang foto copynya sudah tidak kuning lagi itu. Jadi kita harus memoto copy sendiri 10 atau 5 lembar tergantung keperluan, dan dilegalisir di kantor ini juga. Tidak perlu biaya alias pada prinsipnya gratis.

Terima kasih Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung.

Leave a Reply

