Penyelusuran S. Cibeunying Bandung (2)

Sampah Oh Sampah
Penyelusuran mulai dari jembatan ini, jembatan Cibeunying ini berada di potongan jalan Soekarno-Hatta antara jalan Kiaracondong dan jalan Buahbatu. Sungai ini terus saya telusuri sambil membawa sepeda dituntun karena jalannya sempit. Pengamatan saya tertuju kepada kotornya sungai karena sampah.
Tidak seperti sewaktu mengamati sungai Cipamokolan dan sungai Cidurian, yang relatif bersih dari sampahn, akan tetapi sungai Cibeunying di potongan yang saya amati ini betul-betul kotor, dan maaf jorok, sekali lagi jorok.

Nampaknya kesadaran warga di potongan ini benar-benar payah, atau barangkali karena sungai ini lewat di daerah padat penduduk dan bisa dibilang melewati tengah kota.
Dan semakin payahnya sungai ini melewati pasar Kordon, sampah semakin menjadi-jadi dibuang ke kali. Dan pengamatan sementara bahwa bangunan rumah di sini membelakangi sungai. Di kali Cipamokolan saya melihat bangunan itu menghadap ke sungai. Menurut saya beda kalau di depan mata kan tetap dipelihara biar bersih, jika di belakang rumah kan dibiarkan saja kotor juga toh tidak kelihatan ini.
Kapan ya masyarakat sadar akan kali bersih. Barangkali iya bukan masyarakat di potongan ini saja yang membuang sampah ke kali, tapi kemungkinan sejak dari hulu sungai
Dan ini persis di bawah Pasar Kordon, luar biasa hebatnya sampah
Inilah hasil penyelusuran saya atas sepotong sungai Cibeunying. Saya berpendapat bahwa kesadaran kita semua atas kebersihan kali masih sejauh tanah ke langit, atau jauh panggang dari api. Saya hampir yakin banyak orang berpendapat bahwa sungai adalah tempat pembuangan sampah ahir.

Wahai sodara-sodara mari mulai dari kita sendiri jangan membuang sampah ke kali, kalau kali teh sungai, atawa walungan, sing nyaah ka lemah cai, ari cai teh pan air, kalau tidak ada air kita tidak akan hidup! Waduh sampai nyesak di dada. Stop dulu ah cape.

Leave a Reply

