Sepotong Sungai Cidurian Bandung

Menyusuri sungai Cidurian antara jalan Soekarno Hatta sampai kompleks perumahan daerah Antapani kota Bandung, ternyata sempadannya sungguh sempit diperkirakan hanya sekitar 1 meter saja. Sehingga untuk lewat berpapasan pun dirasakan tak cukup, apalagi kalau berpapasan dengan pengendara sepeda motor, harus hati-hati kalau tidak ingin kecebur di kali Cidurian yang jauh dari jernih.

Di sepanjang potongan sungai tersebut ternyata dari tiga orang yang ditanya semuanya tidak tahu nama sungai tersebut, ada yang menyebutkan sungai Citarum, kemudian ada yang menjawab sungai Cipamokolan, malahan ada yang tidak tahu sama sekali. Tidak seperti jalan ada namanya terpampang akan tetapi nama sungai dpasang dimana ya? Sebetulnya saya mengharapkan nama sungai setidaknya ada di jembatan misalnya, akan tetapi jembatan yang ada di jalan Soekarno Hatta yang berada diatas sungai tersebut tertulis Parakan Saat, Dan di Bandung tidak ada nama sungai Parakan Saat.

Ternyata di beberapa tempat kesadaran masyarakat untuk membuang sampah di tempatnya belum sepenuhnya dipahami. Membuang sampah ke sungai adalah dianggap paling praktis, dan coba lihat alangkah kotor dan tidak enak dilihat. Bukan hanya begitu saja akan tetapi jika membuang sampah sembarangan termasuk ke kali adalah perbuatan yang tidak terpuji dan bisa dipidanakan. Lihat sepotong aturannya: Pada daerah sempadan dilarang:
a. Membuang sampah, limbah padat atau cair;
b. Mendirikan bangunan permanen untuk hunian dan tempat usaha.

Harusnya siapa yang memberi pendidikan dan mengawasi pembuanagan sampah? RT dan RW? Begitu banyak kerjaan RT dan RW dalam kerja sosial ini. Semoga semakin hari kesadaran masyarakat akan pentingnya air sungai bagi kehidupan semakin baik.

One thought on “Sepotong Sungai Cidurian Bandung

  1. Pingback: Satu Jam Menyusuri Sungai Cidurian Bandung | Sepanjang Jalan Kehidupan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s