Sekitar Irigasi S. Cipamokolan Bandung

Irigasi sungai Cipamokolan ini berada di Kelurahan Derwati, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung. Barangkali inilah satu-satunya irigasi sungai Cipamokolan yang berada di kota Bandung. Dekat dengan Irigasi tersebut terlihat ada kompleks perumahan

Bendungan irigasi yang barangkali pengendali banjir atau mengairi sawah yang terbentang luas di sekitarnya. Lihatlah sawah luas menghijau, padi tumbuh dengan suburnya. Menurut warga setempat betul bahwa arnya dari kali Cipamokolan itu. Dan katanya tumbuh dengan baik saja. Katika ditanya apakah di bendungan ini ada ikannya dia sedikit ragu, mungkin ada katanya terutama ikan lele. Ikan lele sangat kuat dengan kondisi air yang buruk. Saya mengira memang iya ada ikannya tapi tak menjamin akan tumbuh dengan subur apalagi sebangsa ikan mas.

Demikian juga sawah saya tidak menjamin bahwa sawah itu tidak kena limbah, ada kemungkinan tunggu 10 – 20 tahun lagi akan terjadi kerusakan tanah dan sawah seperti sekarang terjadi di Rancaekek. Kalau pembuangan limbah ke sungai Cipamokolan secara terus-terusan, kerusakannya tinggal menunggu waktu saja.

Air yang keluar dari irigasi kelihatan berbusa memutih mungkin dari detergent, dimana limbah domestik berupa air sabun dibuang begitu saja ke sungai tanpa pengolahan dulu. Habis bagaimana coba cara mengolah limbah domestik rumah tangga? Lihat busa putih yang ke luar dari irigasi tersebut.

Dan busa putih kemungkinan campuran polutan lain dan detergen terus mengalir. Kalau ujung lagu “Bengawan Solo” sih,…..”air mengalir sampai jauh, ahirnya ke laut. Akankah soal limbah ini terurus setelah presiden baru terpilih tahun 2009 ini? Wallohualam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s