Penyelusuran S. Cibeunying Bandung (1)

Sempadan Jalan yang Sempit
 Pada hari Selasa tanggal 7 Juli 2009 saya mulai menyususri sungai Cibeunying yang berada di kota Bandung. Penyelusuran sungai ini dimulai dari jembatan Cibeunying dekat STISI; Sekolah Tinggi Ilmu Seni yang letaknya persis berada di pinggir kali Cibeunying. Kesan pertama atas sungai ini adalah kotor, demikian banyak sampah di sungai, dan beratnya kali ini menanggung segala macam limbah yang dengan mata telanjang kelihatan limbah rumah tangga seperti busa detergen dan sampah lainnya seperti dedaunan dan plastik.

Pengamatan dan penyelusuran sungai dimulai dari jembatan yang berada di jalan Soekarno-Hatta yang berada di potongan antara jalan Kiaracondong dan jalan Buahbatu. Penyelusuran sungai Cibeunying tersebut dilakukan ke arah hilir. Saya merasa menyesal membawa sepeda tidak berjalan kaki saja. Karena apa, karena jalan sempadan sungai ini antara jembatan Cibeunying Soekarno-Hatta dan jembatan yang berada di jalan Terusan Buahbatu demikian sempitnya. Terus terang dengan membawa sepeda secara berjalan kaki jalan sempit yang idak sampai satu meter rasanya tidak cukup, bahkan di beberapa tempat saya betul-betul takut kecebur ke kali.

Saya ingin memperlihatkan betapa sempitnya jalan untuk dilewati. Kalau untuk berpapasan dengan orang lain dari sebelah sana saya harus ekstra hati-hati. Bangunan rumah tinggal demikian menjorok ke tepi kali, sesenti demi sesenti suatu saat tidak ada lagi jalan untuk lewat. Jangan menghayalkan sempadan sungai 10 meter dari tepi sungai, jangan mengharapkan petugas dengan peralatan lengkap datang untuk memelihara sungai, karena jalan untuk lewat pun hampir tidak ada. Suatu pelanggaran yang dilakukan oleh orang-orang yang terpinggirkan yang betul-betul hidup persis di tebing pinggiran kali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s