Menyusuri Sungai Cipamokolan Bandung

Pada hari Sabtu pagi sekira jam 06:00 saya berangkat lagi bersepeda sambil berolah raga. Kali ini arahnya ke hilir sungai Cipamokolan tidak seperti pada dua hari sebelumnya arah naik sepeda ke arah hulu sungai. Ternyata warna air sungai Cipamokolan tidak terlalu hitam namun tetap airnya khas air limbah dalam artian tidak jernih sebagaimana lumrahnya air sungai tang bersih.

Saya terus menyusuri sungai tersebut mulai dari jembatan Soekarno-Hatta, dimana jalan sempadan sepanjang sungai Cipamokolan cukup lebar, cukup untuk dilewati kendaraan roda empat bahkan jalan terebut cukup untuk berpapasan mobil. Sepanjang perjalanan tersebut saya terus-terusan memotret tempat-tempat yang menarik untuk diposting ke dalam blog ini.

Kesan saya sepanjang jalan kelihatan bersih tidak kumuh seperti sering dijumpai pada sempadan-sempadan sungai lain di kota besar. Tidak ada yang membuang sampah di kali, tidak ada bangunan liar, dan sekali lagi terua terang kali ini terbilang bersih dari sampah. Itulah sebabnya mengapa di bendungan irigasi tidak terlalu banyak sampah menggunung lihat saja fotonya. Memang untuk mengidamkan kali bersih belum saatnya sekarang ini. Masih jauh, jauh.

Saya masih terus melanjutkan perjalanan sampai ke hilir sungai dan sampailah di pemakaman umum Rancacili. Pemakaman umum Rancacili persis di pinggir sungai Cipamokolan, kelihatn bersih dan lumayan asri. Kantor pemakaman (wah ada kantornya ya?) sedang dibongkar dan dipindahkan ke sebelah utara kompleks pemakaman. Lokasi lama kata seorang Ibu yang berada di situ, untuk kompleks perumahan. Kalau saya sih mendingan mencari lokasi lain saja untuk perumahan, kok malahan dekat pemakaman. Sekian dulu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s