Hitam Air Sungai Cipamokolan di Bandung

Saya ingin memperlihatkan warna air sungai Cipamokolan yang berwarna hitam. Ini menunjukkan warna air yang kena polusi atau kena limbah. Pada pagi hari ini saya berolah raga dengan berjalan pagi di jalan Soekarno Hatta timur kalau tidak salah ini wilayahnya kecamatan Rancasari. Dari jalan Soekarno Hatta saya belok menyusuri sungai Cipamokolan. Ketika saya perhatikan ternyata airnya berwarna hitam gelap.
Ini menunjukkan adanya polusi di sungai Cipamokolan ini. Ini saya perlihatkan gambarnya. Mungkin di foto tidak kelihatan hitamnya, akan tetapi betul-betul hitam, saya memotretnya pada sekitar jam tujuh pagi hari Rabu tanggal 24 Juli 2009.

Sungai Cipamokolan ini memotong jalan Soekarno Hatta, sejajar dengan sungai lain yaitu sungai Cidurian. Sungai Cipamokolan asalnya dari daerah mana saya tidak tahu, tapi saya penasaran warna hitam itu datangnya dari mana.

Ketika saya lewat sungai yang satu lagi yaitu sungai Cidurian ternyata sungai ini berwarna jernih, meski tidak menjamin bahwa sungai ini tidak mengandung polutan. Apabila dibandingkan dengan sungai Cipamokolan yang hitam, sungai Cidurian ini termasuk jernih. Lihat saja fotonya yang saya ambil pada saat yang sama:

Ada yang tahu ya mengapa sungai Cipamokolan berwarna hitam, ada yang bisa memberi informasi tidak? Wah ini harus cari di Google. Ternyata ada informasi klik di sini. Ternyata ini masalah klasik yang sangat susah penyelesaiannya, harus ada yang berani, dan, looking for people like that right now is very rare.

Leave a Reply

