Membuat Perpanjangan SIM Dalam 2 Jam

Saya sebelumnya tidak menyangka bahwa membuat perpanjangan SIM A (Surat Ijin Mengemudi A) di Kota Bandung menjadi mudah dan hanya memakan waktu 2 jam. Tentu saja untuk itu pihak Kepolisian harus dihargai karena telah berupaya membangun citranya untuk menjadi lebih baik. Saat ini mengurus pembuatan SIM tidak ribet, lama, banyak pungli, dan percaloan seperti dahulu lagi.

Hanya untuk membuat SIM saja lakukanlah sendiri!, tak perlu ada kenalan polisi, tak perlu rekomendasi, tak perlu surat sakti, apalagi memo dan katabelece. Siapkanlah SIM asli, KTP asli, dan selembar foto copy KTP. Siapkan uang pas Rp 20.000 untuk diperiksa kesehatan, Rp 15.000 untuk asuransi, dan untuk pembayaran pembuatan perpanjangan SIM Rp 60.000. Supaya masih belum ramai datanglah sebelum jam 08.00. dan jika membawa kendaraan sendiri tempat parkir sepanjang jalan Jawa masih lumayan longgar, kalau makin siang bisa keliling-keliling mencari tempat.

Oleh karena pembuatan SIM waktunya 5 tahun sekali, maka wajar kalau kita lupa lagi cara dan persaratannya. Tempat pembuatan SIM masih tetap di instansi Kepolisian bagian Lalu Lintas jalan Jawa Kota Bandung, pelayanan dibuka mulai jam 08.00.

Jam 08.00 teng pelayanan mulai dibuka.
Ikuti urutannya sebagai berikut:

1. Pertama diperiksa kesehatan di bagian Klinik Kesehatan yaitu diperiksa tekanan darah, test buta warna, dan test penglihatan. Prosesnya cepat sekali tidak sampai 10 menit. Di sini membayar Rp 20.000, dan akan mendapatkan surat kesehatan.

2. Bawa surat Kesehatan tersebut ke loket asuransi serahkan SIM asli, KTP asli dengan satu lembar foto copy KTP saja. Di sini membayar Rp 15.000, diberi kuitansi pembayaran. Lama pengurusannya sekira 15 menit.

3. Bawa berkas yang telah diklip oleh petugas ke loket 1 bagian pendaptaran. Di sini menunggu kurang lebih 20 menit. Ketika nama dipanggil, bayarlah Rp 60.000 di loket pembayaran dan akan diberi kuitansi tanda terima uang.

4. Selanjutnya datang ke bagian pengisian data (untuk SIM perpanjangan tidak dilakukan tes teori maupun tes praktek mengemudi). Di sini mengisi formulir data pribadi persis seperti apa yang tercantum dalam KTP tentang nama, alamat, pekerjaan, dan lain-lainnya, di sini memakan waktu sekitar 30 menit.

5. Selanjutnya menunggu di loket pelayanan no. 6 untuk membuat tanda tangan, sidik jari, dan difoto. Prosesnya karena komputerais cepat sekali, tapi karena sudah mulai banyak orang terpaksa mengantri, di sini menunggu giliran difoto selama hampir 40 menit.

6. Terahir tunggu di depan loket no. 7 dan tidak sampai 5 menit proses pembuatan perpanjangan SIM A milik saya sudah selesai.

Kalau saya boleh memberi saran seyogianya di setiap loket pelayanan mulai dari tes kesehatan sudah diberikan nomor urut agar pemohon tidak berebutan dan tenang menunggu panggilan berdasarkan nomor urut tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s