Buat Perempuan yang Hebat

21-Apr-09 | 10:11 AM

Kalau berbicara perempuan artinya adalah seluruh perempuan yang selalu saya kagumi dan banggakan. Mereka yang selalu dilemahkan oleh kaum lelaki sesungguhnya adalah sebaliknya, mereka mempunyai kekuatan dan potensi yang luar biasa. Dalam banyak hal mereka lebih unggul dari pria. Salah satu kemampuan perempuan yang hebat dan tidak dimiliki oleh lelaki adalah mengandung dan melahirkan. Sementara lelaki hanya unggul kalu naik pohon kelapa itu juga hanya cerita, sebab kalau pun ada pohon kelapanya, ternyata mereka pun tidak bisa. Maaf gampangnya begitu.

Sebagai salah satu contoh, coba kalau mau rajin lihat juara-juara kelas dan mereka yang meraih ranking satu sampai lima tidak lain kebanyakan adalah perempuan. Pada saat wisuda sarjana di Unpad, yang banyak mendapatkan predikat cum laude adalah perempuan. Saya sempat menyaksikan pada kesempatan pemberian kenang-kenangan dari perkumpulan orang tua mahasiswa di Fikom Unpad tahun 2007, tiga dari empat mahasiswa berprestasi adalah perempuan.

Kesimpulan sementara dari SD sampai pendidikan jenjang S1 para juara adalah kebanyakan perempuan, akan tetapi memang ketika memasuki jenjang S2 dan S3 kebanyakan diborong pria. Mengapa coba? karena para perempuan sudah memasuki usia perkawinan dan selanjutnya mengurus anak, sedangkan kesempatan bersekolah diberikan kepada laki-laki.

Perempuan juga tidak sembarangan, sebab lelaki gagah perkasa pun bisa bertekuk lutut dihadapan perempuan, seperti bait lagu Sabda Alam karangan Ismail Marjuki:

Wanita dijajah pria sejak dulu
Dijadikan perhiasan sangkar madu
Namun ada kala pria tak berdaya
Tekuk lutut disudut kerling wanita

Begitulah meskipun datanya tidak disajikan, tapi banyak menunjukkan dibanyak hal perempuan lebih unggul dari laki-laki. Tapi mengapa perempuan selalu dilemahkan? Karena kehidupan ini atau dunia ini adalah dunia miliknya kaum lelaki. Kesempatan perempuan untuk meraih prestasi yang lebih tinggi terkalahkan oleh kewajiban mengurus dan membesarkan anak-anak.

Lihat saja target 30% anggota DPR dari perempuan bakalan akan tidak tercapai, karena kalah bersaing dengan lelaki yang lebih “leluasa” bergerak di luar. Tak usah membawa agama karena kadang banyak yang diterjemahkan secara keliru bahwa perempuan adalah sebagai warga kelas dua, pemuas nafsu lelaki semata. Perjuangan perempuan masih jauh dan apa bisa kesetaraan gender terlaksana?

Oleh karena itu kepada kaum saya kaum lelaki, marilah meningkatkan harkat, martabat, dan derajat wanita menjadi lebih berdaya dan lebih bahagia sejahtera. Jika pada pikiran Anda masih ada pikiran menganggap perempuan adalah mahluk lemah yang bisa diperlakukan semaunya. Maka Anda harus melihat Ibu Anda yang susah payah membesarkan Anda. Melihat anak perempuan Anda jika diperlakukan tidak adil oleh suaminya, atau apalagi mendapatkan KDRT dari pasangan hidupnya.

Saya ketika memilih caleg baik untuk DPR atau DPRD pada pemilu yang lalu selalu mencontreng caleg perempuan, dari partai mana pun. Alasannya sederhana saja biar caleg perempuan bisa membela lebih banyak perempuan lagi, target 30% anggota legislatif mudah-mudahan bisa tercapai. Disamping itu kalau banyak anggota DPR-nya perempuan mudah-mudahan koruptornya juga berkurang. Mudah-mudahan perempuan lebih bisa bertahan untuk tidak korupsi.

Saya kagum dan bangga atas perjuangan istri saya yang telah membesarkan anak-anak untuk menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Sama kagumnya terhadap Ibu saya, Ibu mertua saya, anak perempuan saya, saudara perempuan saya yang kesemuannya bekerja di luar membanting tulang. Juga rasa hormat dan sekaligus kagum terhadap keponakan perempuan saya yang memeras keringat untuk bekerja dan berusaha karena para suaminya belum mendapatkan pekerjaan.

Dan saya sangat bangga dan kagum kepada Ibu kita semua R A Kartini, yang hari ini 21 April kita peringati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s