Membuat Kartu NPWP

Sebagai tanda pengenal diri bagi para wajib pajak diharuskan memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) dan kelak diwajibkan mengisi SPT (Surat Pemberitahuan), kemudian akan dapat diketahui berapa pajak yang terhutang. Itu saja dulu!

Sampai usia 63 tahun ini saya belum memiliki NPWP pribadi, pertama karena saat itu sebagai pegawai bahwa pajak pendapatan sudah dipotong oleh bagian keuangan, keduanya tidak mempunyai usaha yang menghasilkan uang. Kalau juga punya kendaraan setiap tahunnya sudah membayar STNK, punya rumah dan tanah itu pun sudah dibayarkan PBBnya. Jadi perasaan, harus bagaimana lagi dengan perpajakan itu, jadi tidak perlu amat memiliki NPWP gitu!

Akan tetapi saya mulai ragu akan pendirian saya mengenai NPWP itu, selanjutnya mulai tidak bergeming (saya sedang belajar menggunakan kata bergeming!), tanya sana dan tanya sini. Tapi sewaktu tanya kepada kawan-kawan pensiunan, ternyata jawabannya pro dan kontra untuk pembuatan kartu NPWP tersebut. Sebagian balik bertanya “buat apa?”, dan sebagian lagi “buat saja, tidak susah mendapatkannya kok!”

Dalam keadaan ragu antara membuat dan tidak, masa sunset policy pertama sudah terlewati. Kemudian Direktorat Jenderal Pajak memperpanjang sunset policy hingga tanggal 28 Nopember 2009. Ahirnya sebelum bulan Februari 2009 berahir, saya pergi membuat kartu NPWP di Kantor Pelayanan Pajak Cicadas Bandung.

Cara saya mendapatkan kartu NPWP adalah sbb: Pergi ke Kantor Pajak tersebut, membawa fotocopy KTP, terus mengambil nomor daptar antrian, sambil menunggu mengisi formulir dengan mencantumkan nama, alamat, dan lainnya sebagaimana tercantum pada KTP, dan menandatanganinya. Ketika nomor urut dipanggil, serahkan fotocopy KTP dan formulir isian kepada petuga. Dalam hitungan sebelum dua menit saya sudah menerima surat tanda pengambilan kartu NPWP. Kartu NPWP harus diambil seminggu kemudian pada hari yang sama.

Dan pada hari yang sudah ditentukan, saya datang lagi ke Kantor Pelayanan Pajak tersebut, dan ahirnya horeee! saya sudah mendapatkan NPWP soal penggunaannya bagaimana nanti saja. Tidak mengeluarkan uang sepeser pun. Pelayanannya lumayan lah!

Terima kasih untuk Kantor Pelayanan Pajak Cicadas Bandung!

Leave a Reply

