Security

Sewaktu saya masih kecil saya sudah tahu ada istilah OKD singkatan dari organisasi keamanan desa. Jika tentara atau militer karena tugasnya menjaga keamanan nampaknya angker dan kadang menakutkan, tentu saja bagi saya yang masih kecil.

OKD juga para militer yang direkrut secara swadaya masyarakat, jadi kalau juga ada gaji tidak dari negara tapi barangkali dari kas desa atau sumbangan masyarakat. OKD tidak angker apalagi menakutkan karena yang jadi OKD nya kadang paman atau tetangga sebelah yang dikenal baik. Mereka sangat berfungsi baik ketika zaman gerombolan pengacau DI/TII.

Sekitar tahun 1960 mulai kelihatan ada Hansip; Pertahanan Sipil, Wanra; Perlawanan Rakyat, mungkin itu juga kelanjutan dari semacam OKD. Malahan belakangan Pegawai Negeri setiap hari Senin harus memakai pakaian Hansip.

Di industri perminyakan semisal ada Pamper; Pengamanan perusahaan, atau Pasmanin; Pasukan pengamanan Industri, dan selanjutnya mulai dikenal dengan sebutan security, para militer di perusahaan ini juga karena tugasnya pengamanan jadi perlu angker atau minimum diangker-angker sendiri.

Makin kesini security semakin banyak kelihatan di Supermarket, Mall, Bank, bahkan di Rumah Sakit. Sepertinya tugasnya semakin variatif dari mulai lapangan parkir, penjaga lift, pembuka pintu di Bank, tugasnya lebih banyak ke arah pelayanan pelanggan. Tentu saja pelayanan costumer tak perlu garang atau menakutkan, bahkan demi kenyamanan pelanggan mereka harus ramah dan simpatik.

Di salah satu cabang sebuah bank plat merah di kawasan M. Bandung seorang petugas sekuriti berdiri dan bertugas membuka dan menutupkan pintu bagi para klain, sambil tak henti-hentinya mengucapkan “Selamat pagi! Ada yang perlu saya bantu?” untuk yang baru datang. Sedangkan kepada yang akan keluar diucapkan “Selamat siang, terima kasih atas kedatangannya!”

Begitulah security zaman sekarang. Tak perlu selalu angker bukan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s